Sukses


10 Fakta Menarik saat Timnas Italia Juara Euro 2020 dan Gagalkan Rencana Football is Coming Home Milik Inggris

Bola.com, London - Timnas Italia berhasil menjadi juara Euro 2020 setelah mengalahkan Timnas Inggris melalui adu penalti dengan skor 3-2. Gli Azzurri pun gagalkan rencana football is coming home milik The Three Lions.

Pemenang harus ditentukan melalui adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1 selama 120 menit. Pada laga yang digelar di Stadion Wembley, Timnas Inggris lebih dulu mencetak gol ke gawang Timnas Italia pada menit kedua melalui Luke Shaw. Namun, keunggulan The Three Lions hanya bertahan sampai menit ke-67.

Timnas Italia mencetak gol penyeimbang melalui Leonardo Bonucci. Hingga berakhirnya waktu normal tak ada gol tambahan sehingga pertandingan dilanjut ke babak tambahan waktu.

Pada 2x15 menit, kedua tim saling menekan dengan melancarkan serangan-serangan membahayakan. Namun, tak ada gol tercipta sehingga pemenang harus ditentukan melalui adu tendangan penalti.

Tiga dari lima eksekutor Timnas Italia berhasil melakukan tugasnya yakni Domenico Berardi, Leonardo Bonucci, dan Federico Bernadeschi. Adapun Andrea Belotti dan Jorginho gagal.

Sementara dua dari lima eksekutor Timnas Inggris yang sukses melakukan tugasnya adalah Harry Kane dan Harry Maguire. Sementara itu, Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka gagal mencetak gol.

Timnas Italia akhirnya berhak menjadi juara dengan kemenangan 3-2 melalui adu penalti. Lantas, apa saja fakta menarik yang mengiringi keberhasilan pasukan Roberto Mancini menjadi kampiun Euro 2020?

2 dari 3 halaman

10 Fakta Menarik

  1. Timnas Italia memenangi gelar Piala Eropa kedua. Gli Azzurri harus menunggu selama 53 tahun setelah pertama kali juara pada Euro 1968.
  2. Timnas Italia sejauh ini sudah mengoleksi enam gelar turnamen besar. Rinciannya adalah empat titel Piala Dunia dan dua gelar Euro.
  3. Euro 2020 menjadi final kedua yang pemenangnya harus ditentukan melalui adu penalti setelah edisi 1976.
  4. Gianluigi Donnarumma menjadi kiper termuda ketiga yang tampil di final Euro yakni pada usia 22 tahun 136 hari.
  5. Gianluigi Donnarumma menjadi kiper kedua setelah Peter Schmeichel yang meraih penghargaan Pemain Terbaik Euro.
  6. Leonardo Bonucci menjadi pemain Italia dengan koleksi penampilan terbanyak di Euro yakni 18 pertandingan.
  7. Gol yang dicetak Luke Shaw ke gawang Timnas Italia pada 1 menit 57 detik menjadi gol tercepat final sepanjang sejarah Euro.
  8. Bukayo Saka menjadi pemain keempat paling muda yang tampil di final Euro pada usia 19 tahun 309 hari. Pemain Timnas Inggris itu mengikuti jejak Renato Sanches (2016), Cristiano Ronaldo (2004), dan Antoliy Baidachniy (1972).
  9. Leonardo Bonucci menjadi pemain paling tua yang mencetak gol di final Euro yakni pada usia 34 tahun 71 hari.
  10. Timnas Inggis menjadi tim yang paling sering kalah melalui adu penalti di Euro yakni sudah empat kali.

Sumber: Opta

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer