Sukses


Perubahan Peraturan Euro 2024 Bisa Berimbas Positif buat Kobbie Mainoo di Timnas Inggris

Bola.com, Jakarta - Euro 2024 sudah di ujung horison, dan Kobbie Mainoo tentu berharap penampilan ciamiknya sepanjang tahun ini bisa berlanjut di Timnas Inggris. Harapannya, UEFA bersedia mengubah jumlah kuota pemain agar slotnya di skuad The Three Lions aman.

Hingga berita ini turun, UEFA dikabarkan tengah menggodok kemungkinan jumlah pemain tiap kontestan Euro 2024 yang sedianya hanya 23 menjadi 26. Ini tak lepas dari keluhan beberapa pelatih tim nasional.

Kebetulan pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, juga berharap adanya perubahan agar bisa membawa seluruh pemain terbaik. Ia memprediksi dalam 1-2 pekan ke depan akan ada pengumuman resmi.

"Ada satu pertemuan UEFA lagi (dalam dua minggu) di mana ada sedikit pembicaraan di antara beberapa pelatih tentang kemungkinan meningkatkan kuota pemain pada Euro 2024," kata Southgate dinukil dari Daily Mail.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Respons UEFA

Di tempat terpisah, UEFA siap mendengarkan aspirasi dan tak menutup kemungkinan bajal menambah jumlah pemain. Apalagi kompetisi antarnegara lainnya seperti Piala Asia sudah menerapkan kuota 26 pemain tiap kontestan.

"Kami telah mencatat komentar yang diungkapkan oleh beberapa pelatih tim nasional mengenai ukuran skuad untuk Euro 2024," kata juru bicara UEFA.

Perlu diketahui, kuota pemain tiap timnas umumnya hanya 23 saja. Akan tetapi, pandemi COVID-19 membuat beberapa konfederasi menyesuaikan jumlahnya.

Kini, beberapa pelatih seperti Southgate hingga Ronald Koeman berharap jumlah pemain tidak direduksi lagi. "Setiap gagasan akan dipertimbangkan," kata jubir UEFA lagi menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Akan Menguntungkan Kobbie Mainoo

Mainoo tampaknya menjadi bagian yang hilang di lini tengah Southgate dan harus ikut ke Jerman bersama Declan Rice dan Jude Bellingham. Namun jangan lupa bahwa ia baru berusia 18 tahun dan hanya memiliki sedikit pengalaman bertanding.

Wajar jika Southgate tidak merasa percaya diri sepenuhnya mengandalkan pemain yang begitu muda dan belum berpengalaman. Akan tetapi, Mainoo terus meningkat di setiap kesempatan tetapi tekanan dan pengawasan akan berada pada level yang berbeda di Euro.

Dengan skuat yang beranggotakan 26 orang, ada lebih banyak kebebasan untuk tampil berani karena ia akan mampu mendapatkan yang terbaik dari kedua dunia.

Pertarungan di lini tengah Timnas Inggris sangat ketat. Mainoo harus bersaing dengan Connor Gallagher, Declan Rice, Jordan Henderson, hingga Jude Bellinghan. Dengan kuota 26 pemain, pemain Manchester United (MU) itu bisa memperoleh peluang yang lebih besar.

Sumber: Daily Mail, United in Focus

Video Populer

Foto Populer