Sukses


Euro 2024: Gareth Southgate Buka-bukaan Alasan Coret Harry Maguire dari Skuad Timnas Inggris

Bola.com, London - Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, membuka alasan di balik keputusan mencoret Harry Maguire dari skuad The Three Lions untuk Euro 2024. 

Harry Maguire sebelumnya masuk di skuad awal yang berisi 33 pemain untuk Euro 2024. Namun, saat Southgate mengumunkan skuad final yang dihuni 26 pemain, nama Maguire tidak ada.

Selain Maguire, nama lain yang juga secara mengejutkan dicoret adalah Jack Grealish dari Manchester City. Total ada tujuh pemain yang tersisih dari skuad final. 

Lima pemain lainnya adalah Curtis Jones, Jarell Quansah, James Maddison, Jarrad Branthwaite, dan James Trafford. Mereka terpaksa melupakan impian tampil membela Timnas Inggris di Euro 2022. 

Apa alasan Gareth Southgate tidak membawa Harry Maguire ke Euro 2024 di Jerman? 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Penjelasan Southgate

“Trent Alexander-Arnold bisa bermain di dua sektor (lini tengah dan pertahanan). Kami membawa sembilan bek di beberapa turnamen terakhir, jadi saya pikir sekarang sama," kata Southgate, seperti dikutip The Sun, Jumat (7/6/2024). 

“Itulah salah satu alasan kami tidak bisa membawa Harry Maguire. Jika membawa bek ke-10, keseimbangannya tidak akan tepat. Itu akan membuat kami kekurangan di area lain." 

“Harry telah membuat beberapa kemajuan, tapi itu rumit. Kami tidak akan memiliki dia di babak grup. Ada terlalu banyak rintangan yang harus dilewati tanpa jelas ke mana kami akan pergi," imbuh dia. 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Murni Gara-gara Kondisi Fisik

Southgate menekankan keputusan mencoret Harry Maguire murni karena kondisi fisiknya. 

“Kami membutuhkan pemain yang fit dan siap untuk bermain sejak awal," ujar Southgate. 

“Itu adalah keputusan yang sangat sulit, Anda tahu bagaimana perasaan saya terhadap Harry, apa yang telah dia lakukan untuk Inggris dan bagi saya sebagai manajer. Kasusnya sedikit berbeda dengan Jack Grealish dan James Maddison, tetapi itu tidak lebih mudah.”

"Keputusan mengenai Harry sepenuhnya tergantung pada kondisi fisiknya dan pemulihannya dari cedera. Tidak ada alasan lain karena dia adalah salah satu bek tengah terkuat kami," imbuh Southgate. 

 

4 dari 4 halaman

Respons Harry Maguire

Maguire selalu diragukan tampil karena masalah betis yang membuatnya absen sejak April untuk Manchester United.

"Saya sangat terpukul karena tidak terpilih bermain untuk Inggris di Euro musim panas ini. Meskipun saya telah berusaha sebaik mungkin, saya belum mampu mengatasi cedera betis saya," kata Maguire di Instagram miliknya, seperti dikutip dari The Sun. 

"Mungkin saya memaksakan diri terlalu keras untuk mencoba dan berhasil. Sederhananya, saya benar-benar patah hati. Bagi saya, mewakili Inggris adalah kehormatan tertinggi. Itu berarti segalanya bagi saya."

"Jika saya tidak bisa membantu tim sebagai pemain, saya akan mendukung mereka sebagai penggemar – bersama dengan seluruh negara. Pergi dan menangkan, kawan-kawan.  Selanjutnya, saya akan kembali ke tim medis Manchester United guna mempersiapkan musim depan," imbuh Maguire. 

Sumber: The Sun 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer