Sukses


Piala Eropa 2024: Situasi Politik Memanas, Kylian Mbappe Mengancam Ogah Berseragam Timnas Prancis Lagi?

Bola.com, Jakarta - Kylian Mbappe memberikan pernyataan anti politik sayap kanan dan mendesak para pemilih di Prancis agar membuat pilihan politik yang tepat. Berbicara kepada pers menjelang pertandingan pembukaan Prancis di Piala Eropa 2024 melawan Austria, ia mengatakan ada hal-hal yang lebih penting daripada pertandingan itu sendiri yang harus dibahas.

"Pertandingan besok sangat penting. Saya pikir saya berhak mengatakannya dan saya sudah mengatakannya sampai wajah saya pucat, tetapi ada situasi yang bahkan lebih penting daripada pertandingan,” kata Kylian Mbappe dinukil dari The Guardian.

Pernyataan Kylian Mbappe muncul setelah presiden Prancis Emmanuel Macron membuat pengumuman mengejutkan dengan menyerukan pemilihan parlemen cepat setelah ia dikalahkan oleh partai sayap kanan Marine Le Pen dalam pemungutan suara Uni Eropa minggu lalu.

Langkah Macron telah membuat Prancis berada dalam ketidakpastian politik karena hasilnya dilaporkan dapat menguntungkan sayap kanan dan melemahkan kekuasaannya tiga tahun sebelum berakhir. Federasi sepak bola Prancis menyerukan netralitas dari tim nasional, tetapi para pemain masih bebas untuk mengekspresikan pandangan mereka.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Mbappe Mengancam?

Bintang Real Madrid itu juga menambahkan bahwa ia setuju dengan sikap Marcus Thuram terhadap situasi politik Prancis saat ini. Ia mengedepankan keberagaman, toleransi, dan rasa hormat.

Bahkan, Kylian Mbappe melontarkan kalimat yang ambigu, yang seperti ancaman bahwa ia mungkin tidak mau membela Timnas Prancis jika situasi politik di negaranya tidak memiliki nilai yang sama yang dianutnya.

“Kylian Mbappe menentang pandangan ekstrem dan menentang gagasan yang memecah belah masyarakat. Saya ingin bangga mewakili Prancis, saya tidak ingin mewakili negara yang tidak sesuai dengan nilai-nilai saya, atau nilai-nilai kita,” tambah pria Prancis itu.

3 dari 3 halaman

Jangan Sangan Pilih!

Berbicara menjelang pertandingan Prancis melawan Austria di Grup D Euro 2024 , Kylian Mbappe terus menyampaikan pemikirannya tentang gejolak politik di Prancis dan mendesak para pemilih Prancis untuk membuat perbedaan dan membentuk masa depan negaranya.

"Ini adalah peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dan itulah sebabnya saya ingin berbicara kepada seluruh rakyat Prancis, tetapi juga kepada kaum muda. Kami adalah generasi yang dapat membuat perbedaan."

"Kami melihat bahwa pihak-pihak yang ekstrem sedang mengetuk pintu kekuasaan dan kami memiliki kesempatan untuk membentuk masa depan negara kami," tegas Kylian Mbappe.

"Orang-orang mengatakan jangan mencampurkan sepak bola dan politik, namun di sini kita berbicara tentang situasi yang sangat penting, lebih penting daripada pertandingan. Situasi di negara kita sangat buruk dan kita perlu bertindak,” lanjutnya.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer