Sukses


Euro 2024: Nicolo Barella Makin Matang di Timnas Italia, Perpaduan De Bruyne dan Toni Kroos

Bola.com, Dortmund - Timnas Italia mengawali kampanye di Euro 2024 dengan menggasak Albania 2-1 Minggu (16/6/2024). Satu di antara pemainnya yang mencuri perhatian adalah Nicolo Barella, gelandang yang menjadi andalan dan mencetak gol penentu kemenangan ke gawang Albania.

Nicolo Barella semakin matang dan menjadi kepingan kekuatan Gli Azzurri. Petualangan Timnas Italia di Euro 2024 masih panjang dan selanjutnya bertemu Spanyol, salah satu tim favorit.

Mantan pelatih Italia U-21, Luigi Di Biagio, mengatakan Nicolò Barella adalah campuran antara versi pertama Kevin de Bruyne dan Toni Kroos. Meskipun begitu, ia mengakui bintang Inter tersebut sempat kacau beberapa tahun lalu.

Gigi Di Biagio, mantan gelandang Italia, membandingkan Barella dengan dua gelandang terbaik di dunia, Kevin de Bruyne dari Manchester City dan Toni Kroos dari Real Madrid.

"Barella memiliki fisik yang berbeda, tetapi dia adalah campuran antara versi pertama Kevin De Bruyne, yang dulu lebih sering bermain di lini tengah, dan versi pertama Kroos, yang lebih sering membuat serangan mendadak," kata Di Biagio kepada Gazzetta.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pemain Berbakat

Pelatih berusia 53 tahun itu memberikan debut Italia U-21 kepada Barella pada September 2017. Saat itu skuad muda Italia harus menelan kekalahan 0-3 dari Spanyol U-21.

Di Biagio mengungkapkan bahwa ia telah mengenal Nicolò Barella sejak U15. Selain itu, ia juga pernah melatih gelandang Inter Milan itu mulai dari U16 sehingga ia tidak ragu dengan kemampuan Barella.

"Dulu saya memanggilnya anak yang lincah, karena terkadang terlalu lincah. Terkadang dia kacau, tetapi kekacauan itu membuatnya sangat serbaguna karena dia bisa bermain di berbagai posisi seorang pemain sepak bola yang lengkap,” ungkap Di Biagio.

3 dari 4 halaman

Semakin Matang

Di Biagio pun membandingkan bintang Italia itu dengan 'versi pertama' De Bruyne dan Kroos. Menurutnya, Barella dulu bermain sebagai playmaker, tetapi sekarang ia bahkan memiliki kematangan bak pemain sepak bola yang sudah bermain 300-400 pertandingan pada level tinggi.

"Saya melihatnya dalam duet lini tengah, seperti saat melawan Albania," imbuh di Biagio.

4 dari 4 halaman

Penentu Kemenangan

Kematangan Barella itu berhasil dibuktikan dengan kesuksesannya mencetak gol dalam debut Azzurri di Euro 2024. Gol tersebut merupakan gol terakhir di laga itu yang membawa Italia menang 2-1 atas Albania, Minggu dini hari (16/6/2024) WIB.

Sebelum dibawa ke Euro, bintang Inter itu baru saja meraih gelar Serie A untuk kedua kalinya bersama Nerazzurri dan memperpanjang kontraknya di Stadio Meazza hingga 2029. Sementara itu, bersama timnas Italia, Barella telah mencetak 10 gol dalam 54 penampilannya berseragam Gli Azzurri. (Rayhan Nur Hakim)

Sumber: Football Italia

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer