Sukses


Inggris Gasak Belanda dan Tembus Final Euro 2024, Gareth Southgate: Kami Memang Layak Kok!

Bola.com, Dortmund - Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate memberikan pujian kepada penampilan anak asuhnya setelah berhasil mencapai final Euro 2024. Pelatih berusia 53 tahun itu merasa bangga bisa membawa The Three Lions ke partai puncak.

Tim berjulukan The Three Lions itu melaju ke final seusai menumbangkan Timnas Belanda di Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman, Kamis (11/7/2024) dini hari WIB. Pada laga ini mereka menang dengan skor tipis 2-1.

Gol kemenangan Inggris lahir di injury time. Ollie Watkins mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-90+1. Satu gol lainnya dicetak Harry Kane (18' P). Sedangkan gol Belanda dilesakkan Xavi Simons (7').

Harry Kane dkk. bakal bersua Timnas Spanyol pada final Euro 2024. Duel kedua tim berlangsung di Olympiastadion Berlin, Jerman, pada Senin, 15 Juli 2024 pukul 02.00 WIB.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Luar Biasa

Gareth Southgate percaya bahwa memimpin pasukan Inggris ke final turnamen besar pertama mereka di luar negeri adalah pencapaian terbaiknya sebagai pelatih The Three Lions. Juru taktik kelahiran Watford, Inggris itu mengapresiasi perjuangan seluruh pemain.

"Itu harus menjadi prestasi terbaik. Ini merupakan sebuah pencapaian lain, tetapi kami bermain sangat baik sepanjang pertandingan," ungkap Southgate seperti dikutip dari england football.

"Itu adalah pertandingan yang rumit. Mereka terus melakukan pergantian, kami harus terus mengubah cara kami bertahan, namun saya pikir kami telah menyebabkan masalah bagi mereka sepanjang malam. Dan akhir pertandingan ini sangat istimewa bagi skuad," sambungnya.

3 dari 5 halaman

Pantas Meraih Kemenangan

Di luar insiden penalti kontroversial, Inggris sebetulnya juga memiliki sejumlah kans untuk mencetak gol. Peluang dari Inggris di menit ke-31 ketika sontekan Phil Foden dari luar kotak penalti membentur tiang gawang Belanda.

Kemudian pada babak kedua, Bukayo Saka sempat mencetak gol di menit ke-79. Namun, gol itu dianulir karena Kyle Walker dalam posisi offside sebelum melepaskan umpan tarik ke Saka.

“Kami juga memiliki tembakan Phil Foden yang keluar dari garis, gol yang dianulir lagi hanya beberapa inci, jadi lihat, saya pikir kami pantas mendapatkan kemenangan malam ini," kata Gareth Southgate.

4 dari 5 halaman

Strategi Tepat

Pergantian pemain yang dilakukan Southgate pada babak kedua juga membuahkan hasil. Ollie Watkins yang menggantikan Harry Kane berhasil mencetak gol pertamamya dalam turnamen besar sekaligus menjadi penentu kemenangan tim.

"Dari segi energi kami mulai kehilangan sedikit tekanan. Harry juga mengalami hal serupa di babak pertama. Dan tentu saja Ollie bisa menekan dengan baik, dia bisa melakukan pergerakan kecil di belakang seperti yang dia lakukan," ujar Southgate.

"Itu juga merupakan hal terbaik yang pernah dilakukan Phil ketika berseragam Inggris. Dia mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam permainan. Kami sangat cair dalam formasi, bukan hanya tiga bek. Para pemain memberikan banyak kontribusi bagus di lapangan."

"Dan satu kata untuk para penggemar. Melihat angka-angkanya, kami seperti sedang bermain tandang, namun tidak demikian halnya dengan kebisingannya, itu sudah pasti," pungkasnya.

Sumber: England Football

5 dari 5 halaman

Nikmati Sajian Euro 2024 Eksklusif di Bola.com

Sahabat Bola.com, yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman untuk melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

 

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024_ver 2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Video Populer

Foto Populer