Sukses


    Jadi Anggota Baru UEFA, Kosovo Langsung Ikut Kualifikasi PD 2018

    Bola.com, Kosovo - Usaha keras Kosovo untuk menjadi bagian dari Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) berbuah manis. Mereka resmi menjadi anggota ke-55, dan bisa langsung ikut berkompetisi di ajang resmi. Terdekat, tim berjuluk Dardanet tersebut akan mengikuti babak kualifikasi Piala Dunia 2018.

    Seperti dirilis Reuters, Kosovo mampu menjadi anggota anyar UEFA setelah menang dalam pemungutan suara yang berlangsung awal pekan ini. Mereka unggul 28-24, dengan suara berasal dari federasi anggota UEFA, dengan dua suasa dinyatakan tak sah.

    Hasil tersebut membuat Kosovo bisa langsung melakukan serangkaian partai persahabatan internasional dengan mendapatkan nilai. Begitu juga dengan keikutsertaan pada ajang kualifikasi Piala Dunia 2018. UEFA langsung mengirim konfirmasi ke FIFA terkait keanggotaan aktif timnas Kosovo.

    Secara resmi, UEFA akan mengajukan status timnas Kosovo pada Konggres FIFA di Mexico City (13/5/2016). Kosovo menyatakan diri berpisah dari Serbia sejak 2008. Sejak saat itu, beberapa pemain asal Kosovo berkumpul, dan sudah beberapa kali menggelar laga uji coba, yang sifatnya masih belum resmi.

    Berkat status anyar ini, beberapa pemain berdasar Kosovo yang tinggal di negara tetangga, sudah mulai mengajukan diri. Gelandang Valon Behrami menjadi satu di antara pemain yang punya kans untuk bergabung, meski sudah tak mungkin lagi. "Selamat kepada Kosovo yang resmi bergabung dengan UEFA. Sungguh, ini hari yang spesial buat Anda," tulis Behrami, di akun twitter miliknya.

    Beberapa nama pesepakbola yang memiliki darah Kosovo antara lain sayap Manchester United, Adnan Januzaj, gelandang timnas Swiss Xherdan Shaqiri, Granit Xhaka dan Valon Behrami.

    Saat ini, kekuatan timnas Kosovo terdiri para pemain muda. Contoh teraktual adalah pemain berusia 19 tahun asal klub Manchester City, Bersant Celina. Ia memutuskan untuk membela Kosovo, dan menanggalkan status warga negara Norwegia, sejak awal tahun ini.

    Pelatih Timnas Kosovo, Albert Bunjaki berharap, apa yang telah didapat Kosovo bisa memacu perkembangan sepak bola di negeri kecil tersebut. "ini sejarah buat kami, dan saya yakin suasana gembira menyelimuti seluruh masyarakat Kosovo. Kami senang dengan apa yang akan dihadapi tahun-tahun berikutnya," tuturnya.

    Kekuatan timnas Kosovo tak boleh diremehkan. Setidaknya mereka memiliki para pemain yang berkarier di Jerman, Turki, Swedia sampai China. Deretan pemain yang menonjol antara lain gelandang Fanol Perdedaj (Frankfurt), Loret Sadiku, Eroll Zejnullahu (Union Berlin), Mërgim Brahimi (Grasshopper), Bernard Berisha (Anzhi Makhachkala), Valmir Sulejmani (Hannover) dan Elba Rashani (Rosenborg). Masih ada Imran Bunjaku (Grasshopper) serta Erton Fejzullahu, yang berkarier di Liga Super China bersama Beijing Guoan.

    Sumber: Reuters

    Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

    Video Populer

    Foto Populer