Sukses


    Italia dan 4 Negara Langganan Piala Dunia yang Absen pada 2018

    Bola.com - Timnas Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2018 karena kalah agregat 0-1 dari timnas Swedia pada play-off Zona Eropa. Situasi itu membuat Gli Azzurri mengulangi catatan negatif 60 tahun silam.

    Italia hanya bermain 0-0 ketika menjamu Swedia di Stadion Giuseppe Meazza, Senin (13/11/2017). Sebelumnya, Gianluigi Buffon dan kawan-kawan kalah 0-1 ketika bertandang ke Friends Arena, 10 November 2017.

    Catatan negatif itu merupakan mimpi buruk bagi sepak bola Italia. Pasalnya, mereka merupakan tim yang menjadi langganan bermain di Piala Dunia.

    Sepanjang sejarah, Gli Azzurri 18 kali berlaga di Piala Dunia. Jumlah itu sama dengan Jerman dan hanya kalah dari Brasil yang telah 20 kali lolos ke ajang tersebut.

    Italia juga enam kali lolos ke final dan memenangi empat di antaranya. Gli Azzurri, bersama Jerman merupakan negara yang paling sering memenangi Piala Dunia setelah Brasil yang merengkuh lima trofi.

    Italia bukan satu-satunya negara langganan yang gagal lolos ke Piala Dunia 2018. Berikut ini merupakan empat negara lain yang absen:

     

    2 dari 5 halaman

    Amerika Serikat

    Bersama Meksiko, Amerika Serikat (AS) mendominasi kawasan Amerika Utara. Kedua negara itu bergantian menjuarai Piala Emas Concacaf.

    Situasi itu membuat AS kerap diunggulkan pada setiap kejuaraan di wilayah tersebut. Alhasil, kegagalan AS tampil di Piala Dunia 2018 membuat banyak pihak mengernyitkan dahi.

    AS hanya menempati peringkat kelima klasemen akhir kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Amerika Utara. Padahal, mereka minimal harus menempati peringkat keempat untuk tampil di Rusia.

    Catatan itu menghentikan kesuksesan AS yang selalu lolos ke Piala Dunia sejak 1990. Secara keseluruhan, mereka 10 kali bermain pada ajang empat tahunan tersebut.

     

    3 dari 5 halaman

    Kamerun

    Kamerun merupakan negara Afrika yang paling sering tampil di Piala Dunia. Secara keseluruhan, Les Lions Indomptables tujuh kali berlaga pada ajang tersebut.

    Mereka hanya menempati peringkat ketiga Grup B kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Afrika. Kamerun kalah bersaing dengan Zambia dan Nigeria.

     

    4 dari 5 halaman

    Cile

    Sepak bola Cile tengah bangkit dalam satu dekade terakhir. Mereka selalu lolos ke Piala Dunia pada dua edisi teranyar. Secara keseluruhan, La Roja sembilan kali tampil pada turnamen itu.

    Selain itu, mereka juga menjuarai Copa America 2015 dan 2016, serta menempati urutan kedua Piala Konfederasi 2017. Alhasil, kegagalan lolos ke Piala Dunia 2018 mengejutkan publik Cile.

    Terlebih, kepastian Cile gagal lolos baru terjadi pada laga terakhir. La Roja kalah 0-3 dari Brasil dan turun ke peringkat keenam klasemen akhir kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Amerika Selatan.

     

    5 dari 5 halaman

    Belanda

    Belanda mencatatkan rekor negatif setelah gagal lolos ke Piala Dunia 2018. Tim Oranye hanya menempati peringkat ketiga Grup A Kualifikasi Zona Eropa.

    Catatan itu membuat mereka absen pada dua turnamen besar secara berturut-turut. Sebelumnya, Arjen Robben dan kawan-kawan juga gagal lolos ke Piala Eropa 2016.

    Padahal, Belanda tiga kali menjadi juara kedua Piala Dunia. Bahkan, mereka menempati peringkat ketiga pada pagelaran empat tahun silam. Secara keseluruhan, Belanda 10 kali tampil pada Piala Dunia.

    Sumber: Berbagai sumber

    Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

    Video Populer

    Foto Populer