Sukses


21 Pertandingan dengan Rivalitas Terpanas di Piala Dunia 2018

Bola.com, Jakarta - Persaingan atau rivalitas selalu jadi bumbu penyedap yang membuat suatu pertandingan antardua kesebelasan semakin seru dan menarik untuk disaksikan, tak terkecuali yang bakal terjadi di Piala Dunia 2018, 14 Juni-15 Juli 2018.

Selama masih dalam koridor sportivitas dan fairplay, penonton maupun suporter setia menunggu bagaimana rivalitas itu membakar semangat pemain untuk menampilkan permainan terbaik mereka demi membungkam klub lawan.

Biasanya, rivalitas atau persaingan itu tercipta karena faktor lokasi geografis atau sejarah. Di Piala Dunia 2018, ada beberapa rivalitas seperti itu, yang diprediksi menciptakan duel seru.

Rivalitas itu ada yang terjadi pada laga-laga di penyisihan grup, atau potensial terjadi di fase gugur.

Berikut ini 21 rivalitas panas yang bisa terjadi di Piala Dunia 2018 dan penjelasan singkat di balik persaingan itu.

1. Jepang-Korea Selatan

Faktor geografis berpadu dengan rivalitas lama di dunia sepak bola. Kedua tim paling cepat bisa bersua, di perempat final.

2. Iran-Arab Saudi

Faktor geografis berpadu dengan budaya Arab kedua negara, mereka bisa bersua di Piala Dunia 2018 paling cepat pada fase 16 besar.

3. Mesir-Maroko

Aroma persaingan didasari faktor geografis, keduanya bisa bertemu paling cepat di fase 16 besar.

 

 

2 dari 5 halaman

Brasil Vs Argentina

4. Tunisia-Maroko

Alasan geografis dan sesama keturunan Arab. Namun, kedua tim baru bisa bersua paling cepat di semifinal, yang dianggap agak mustahil mengingat keduanya bukan tim unggulan di Piala Dunia 2018.

5. Maroko-Prancis

Banyak orang Maroko tinggal di Prancis dan banyak pesepak bola Prancis merupakan keturunan Maroko. Pertemuan kedua tim ini paling cepat terjadi di fase perempat final.

6. Maroko-Spanyol

Seperti halnya di Prancis, ada beberapa orang Maroko di Spanyol. Menariknya, kedua negara ini berada dalam grup sama, Grup B. Kedua tim bakal bentrok pada 25 Juni 2018 di Kaliningrad, Rusia.

7. Argentina-Portugal

Rivalitas yang terbentuk gara-gara "Messi versus Ronaldo". Duel kedua tim bisa terwujud, paling cepat di fase perempat final.

Aksi Lionel Messi saat melawan Brasil pada laga persahabatan di Melbourne Cricket Ground, Melbourne, Australia, (9/6/2017). (Joe Castro/AAP Image via AP)

8. Brasil-Argentina

Satu di antara rivalitas terpanas yang sudah tercipta sejak beberapa dekade silam, selalu berkaitan dengan siapa yang pantas jadi raja sepak bola di Amerika Selatan.

Brasil dan Argentina bisa bersua di fase semifinal, yang tentunya jadi hal bagus buat pencinta sepak bola di manapun berada.

3 dari 5 halaman

Jerman Vs Brasil

9. Brasil-Portugal

Kedua tim sama-sama punya julukan "Selecao", keduanya bicara dengan bahasa sama, dan sama-sama ingin jadi tim terbaik di dunia. Semifinal akan jadi pertemuan tercepat keduanya di Piala Dunia 2018.

10. Brasil-Prancis

Rivalitas di antara keduanya sudah berlangsung lama, namun membesar selama dan setelah Piala Dunia 1998 di mana kedua negara ini tampil di partai final. Untuk Piala Dunia tahun ini, pertemuan keduanya paling cepat terjadi di semifinal.

Bek Brasil, Thiago Silva, duel udara striker Jerman, Sandro Wagner, pada laga persahabatan di Stadion Olympiastadion, Berlin, Selasa (27/3/2018). Jerman takluk 0-1 dari Brasil. (AP/Michael Sohn)

11. Jerman-Brasil

Persaingan keduanya di pentas Piala Dunia sudah lama terbentuk, utamanya demi perebutan gelar juara. Aroma persaingan diprediksi terus berlanjut pada Piala Dunia edisi tahun ini mengingat di Piala Dunia empat tahun lalu, Jerman mempermalukan Brasil yang jadi tuan rumah, dengan kemenangan 7-1, sekaligus memupus asa Brasil tanpil di final.

Pada Piala Dunia 2018, kedua tim punya potensi bertemu dini, yakni di fase 16 besar, dengan catatan keduanya tak jadi juara di babak penyisihan grup masing-masing.

12. Jerman-Argentina

Rivalitas yang juga sudah berlangsung lama dan masih tetap aktif hingga sekarang, mengingat keduanya tampil di final Piala Dunia 2014. Pengulangan final Piala Dunia empat tahun lalu itu bisa terjadi di semifinal Piala Dunia 2018.

13. Jerman-Inggris

Rivalitas karena faktor geografis. Kedua kesebelasan bisa bentrok, paling cepat di fase perempat final, yang mungkin akan terasa seperti laga derbi.

4 dari 5 halaman

Portugal Vs Spanyol

14. Jerman-Prancis

Persaingan lain yang juga karena faktor lokasi negara. Duel Jerman vs Prancis bisa tercipta, paling cepat di semifinal.

15. Inggris-Prancis

"Derbi" karena faktor geografis dengan banyak pemain bintang yang akan tampil. Duel seru ini bisa terwujud di semifinal.

16. Spanyol-Inggris

Tipikal derbi Eropa Barat yang bisa terjadi di perempat final.

Timnas Portugal menang 2-1 atas Mesir pada laga persahabatan di Stadion Letzigrund, Zurich, Swiss, Jumat (23/3/2018) waktu setempat. (Melanie Duchene/Keystone via AP)

17. Portugal-Spanyol

Derbi Semenanjung Iberia ini bakal terjadi pada 15 Juni 2018 di Sochi, Rusia. Kedua negara sama-sama menghuni Grup B. Duel Portugal vs Spanyol ini diyakini jadi laga paling seru di fase penyisihan grup Piala Dunia 2018.

18. Belgia-Prancis

Satu lagi "derbi", yang mungkin bisa terjadi di semifinal Piala Dunia 2018.

5 dari 5 halaman

Kroasia Vs Serbia

19. Denmark-Swedia

Derbi Eropa Utara ini bisa disaksikan di semifinal, jika kedua negara sama-sama berhasil mencapai fase itu.

20. Polandia-Rusia

Kadang kala derbi di sepak bola berkaitan dengan politik dan peperangan atau konflik di masa lalu. Rivalitas Polandia vs Rusia ini terutama disebabkan konflik perang di masa lalu di antara dua negara itu.

Pertempuran masa kini dua negara itu bisa kita saksikan, paling cepat terjadi di semifinal, yang pastinya akan jadi kejutan mengingat keduanya bukan tim unggulan.

Para pemain Serbia berlari ringan saat latihan di Stadion Ernst Happel, Wina, Kamis (5/10/2017). Serbia akan menghadapi Austria pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018. (Bola.com/Reza Khomaini)

21. Kroasia-Serbia

Mungkin rivalitas di antara negara bertetangga di Eropa Timur ini jadi yang paling serius di antara negara peserta dari Benua Eropa.

Perang di Yugoslavia masih kerap "menghantui" negara-negara itu dan pertandingan yang mempertemukan mereka kerap kali lebih dari sekadar laga sepak bola.

Laga Kroasia vs Serbia bisa disaksikan di Piala Dunia 2018, paling cepat di semifinal.

Sumber: Roll the Ball

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer