Sukses


    Effenberg: Ozil dan Gundogan Seharusnya Ditendang dari Timnas Jerman

    Bola.com, Moskow - Stefan Effenberg mengecam Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) karena tidak Mesut Ozil dan Ilkay Gundogan dari skuat Timnas Jerman yang berlaga di Piala Dunia 2018.

    Legenda Bayern Munchen itu menyoroti aksi Ozil dan Gundogan yang bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada bulan lalu.

    Pertemuan Ozil, Gundogan dan penyerang Everton Cenk Tosun dengan Erdogan di London menuai kritik pedas dari publik Jerman. Ketiga pesepak bola itu dinilai digunakan sebagai alat kampanye Erdogan jelang pemilu di Turki akhir Juni nanti.

    Kanselir Jerman Angela Merkel turut mengkritik Ozil dan Gundogan, yang merupakan pemain keturunan Turki. Hubungan Jerman dan Turki kebetulan sedang tak terlalu baik. Jerman berpendapat Erdogan merupakan tokoh yang melanggar HAM kepada lawan-lawan politiknya di Turki.

    Kedua pemain ini juga dinilai tak loyal terhadap Jerman. Pasalnya pada kaos Manchester City yang diserahkan Gundogan kepada Erdogan tertulis “Dengan respek kepada presiden kami".

    2 dari 2 halaman

    Tak Pantas

    Sejak berfoto dengan Erdogan, Ozil dan Gundogan kerap dicemooh fans Jerman sendiri. Effenberg mendukung cemooh dari fans Jerman. Dia bahkan menilai Ozil dan Gundogan seharusnya tak dibawa ke Piala Dunia 2018.

    "Ozil dan Gundogan sekarang beruntung bahwa DFB bertindak dalam kasus ini dengan cara yang tidak konsisten, dan tidak cepat," ujar Effenberg kepada Manchester Evening News.

    Sumber: Liputan6.com

    Video Populer

    Foto Populer