Sukses


    Inggris Sukses di Piala Dunia Karena Pep Guardiola

    Jakarta Sebuah analisa menarik disampaikan oleh Paul Scholes ihwal langkah apik timnas Inggris di Piala Dunia 2018. Scholes menilai sosok yang berada di balik sukses timnas Inggris adalah Pep Guardiola.

    Guardiola mengambil tugas sebagai manajer Manchester City sejak tahun 2016 silam. Ia punya pengaruh besar dalam perubahan gaya bermain klub-klub di Inggris lewat gaya bermain yang dia terapkan di City.

    Bukan hanya di level klub, Guardiola pun disebut membawa pengaruh pada gaya bermain timnas Inggris. Sebab, pelatih asal Spanyol tersebut beberapa kali dipanggil oleh FA untuk membantu pengembangan sepakbola Inggris.

    Menurut Scholes, pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate beberapa kali berjumpa dengan Pep Guardiola. Perjumpaan tersebut diyakini oleh Scholes dijadikan ajang untuk bertukar pikiran.

    "Gareth Southgate beberapa kali pergi untuk menemui Pep dan dia ingin tahu bagaimana cara bermain sepakbolanya di produksi," buka Scholes kepada beIN Sports.

    "Guardiola benar-benar membawa pengaruh besar bagi timnas Inggris. Anda harus melihat cara bermain bek tengah dan cara penjaga gawang kami bermain," tandas legenda Manchester United tersebut.

    2 dari 3 halaman

    Gaya Bermain Identik

    Seperti yang dilakukan oleh Guardiola di Man City, Southgate juga memakai formasi tiga bek di Piala Dunia 2018. John Stone, yang jadi andalan di Man City, oleh Southgate dipilih untuk jadi pemimpin di lini belakang.

    Kyle Walker, andalan Guardiola di Man City, juga jadi tumpuan Southgate di lini belakang. Sementara, penjaga gawang Jordan Pickford diminta untuk lebih banyak mengumpan pendek, bukan umpan panjang. Gaya khas Guardiola.

    Hal yang sama juga diperankan oleh Raheem Sterling. Meskipun kerap jadi sasaran kritik, Sterling tetap jadi kepercayaan Southgate. Sebab, dia jadi kunci permainan di lini serang bersama Harry Kane.

    3 dari 3 halaman

    Mainkan Sepakbola Terbaik

    Scholes mengacungi jempol pada gaya bermain yang diterapkan oleh Southgate. Apalagi, hasil yang diraih sejauh ini adalah positif. Menurutnya, Southgate telah menerapkan sepakbola yang ingin dilihat oleh banyak fans.

    "Sebagai fans Inggris dan mantan pemain timnas Inggris, kami ingin melihat permainan sepakbola terbaik."

    "Spanyol telah memainkan sepakbola terbaik mereka, Manchester City juga memainkan sepakbola terbaik, mengapa tidak untuk mengikuti gaya permainan yang mereka adopsi?" tutup eks pemain timnas Inggris tersebut.

    Video Populer

    Foto Populer