Sukses


    Yusuf Ekodono Menilai Timnas Indonesia Diuntungkan Berada di Grup B Piala AFF 2018

    Bola.com, Surabaya - Pengundian fase grup Piala AFF 2018 telah dilakukan di Jakarta, Rabu (2/5/2018). Hasilnya, Timnas Indonesia berada di Grup B bersama raja Asia Tenggara, Thailand. Selain Negeri Gajah Putih, juga ada Filipina, Singapura dan pemenang antara Timor Leste dan Brunei Darussalam.

    Mengenai hasil pengundian tersebut, pengamat sepak bola asal Jatim sekaligus legenda Timnas Indonesia, Yusuf Ekodono, angkat bicara.

    "Undian ini cukup bagus bagi Timnas Indonesia. Meski ada Thailand dan Singapura sebagai pemegang gelar terbanyak di ajang ini, saya rasa tidak seberat kalau berada satu grup dengan Vietnam, Myanmar, dan Malaysia," tuturnya.

    Dari analisis Yusuf, di atas kertas, hanya Thailand yang punya kualitas lebih baik dibandingkan Indonesia, sementara Singapura dan Filipina setara dengan Tim Garuda.

    Kendati, ia hanya menyebutkan tiga tim saja, bukan berarti Brunei atau Timor Leste bakal mudah ditaklukkan. Pasalnya, kekuatan tim-tim di Asia Tenggara saat ini mulai merata. Bahkan Timor Leste mengalami kemajuan sangat pesat.

    "Pantang bagi pemain Timnas Indonesia untuk memandang sebelah mata Timor Leste atau Brunei. Hal itu bisa dilihat dari pertemuan akhir-akhir ini yang selalu menyulitkan timnas," tuturnya.

    Soal kans Timnas Indonesia lolos dari fase grup, Yusuf sangat optimistis. Dari pengamatannya, materi Tim Merah-Putih di semua lini cukup untuk menggaransi timnas bakal tampil solid selama Piala AFF 2018.

     

    2 dari 2 halaman

    Bisa Lolos ke Semifinal

    "Saya yakin timnas bisa menang, dan minimal seri saat bertanding dengan keempat calon lawannya itu. Thailand memang kuat dan bermental juara, tapi pemain timnas kita tidak kalah secara kualitas. Asal tidak berkecil hati lebih dulu, kita bisa mengalahkan Thailand," jelas pemain yang membawa Timnas Indonesia menjuarai SEA Games 1991 setelah mengalahkan Thailand lewat adu penalti ini.

    Trofi Piala AFF Suzuki Cup 2018 saat berada pada acara drawing tim di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (2/5/2018). Indonesia berada satu grup dengan Thailand, Singapura dan Filipina. (Bola.com/Nick Hanoatubun)

    Soal kekuatan Singapura dan Filipina, Yusuf menilai kekuatan kedua negara di Piala AFF kali ini tak setangguh sebelumnya.

    Singapura tidak sekuat ketika mereka menjuarai beberapa edisi Piala AFF. Begitu juga dengan Filipina, mereka tidak sekuat saat menggunduli Indonesia dengan skor 4-0 di penyisihan Grup A Piala AFF 2014.

    "Dari analisis kekuatan semua tim yang berada satu grup dengan Timnas Indonesia, Tim Merah-Putih akan lolos ke fase selanjutnya," kata Yusuf.

    Video Populer

    Foto Populer