Sukses


    Fandi Ahmad Cetak 3 Rekor bersama Timnas Singapura Jelang Piala AFF 2018

    Bola.com, Jakarta - Sama seperti mayoritas negara lain, Singapura juga menggelar uji coba internasional pada matchday FIFA. Ada dua pertandingan yang digelar yang dijalani Timnas Singapura yakni melawan Mauritius (7/9/2018) dan Fiji (11/9/2018).

    Uji coba kontra Mauritius berakhir dengan skor 1-1, namun pada uji coba menjamu Fiji, Timnas Singapura yang untuk sementara dilatih Fandi Ahmad, mampu mencatatkan kemenangan 2-0.

    Kemenangan itu memiliki arti penting karena menorehkan beberapa fakta menarik. Kemenangan atas Fiji jadi kemenangan pertama Timnas Singapura dengan selisih lebih dari satu gol dalam tiga tahun terakhir.

    Kali terakhir the Lions menang dengan selisih lebih dari satu gol terjadi saat menumbangkan Kamboja 4-0 pada kualifikasi Piala Dunia 2018, Juni 2015.

    Catatan lain, kemenangan ini jadi yang pertama diraih the Lions dalam laga internasional sejak menang 3-2 atas Maladewa pada Maret 2018.

    Terakhir, kemenangan atas Fiji ini menjadi kemenangan pertama Fandi Ahmad sejak diberi mandat menduduki kursi pelatih kepala Timnas Singapura senior pada medio Mei 2018. Laga resmi pertama fandi bersama Hariss Harun dkk. terjadi ketika bermain sama kuat, 1-1, melawan Mauritius. 

    Tak pelak, kemenangan ini disambut gembira Fandi Ahmad. Namun, legenda sepak bola Singapura itu enggan larut terlalu lama dalam kegembiraan. Ia menyadari, sudah dinanti tantangan sebenarnya, yakni Piala AFF 2018, yang digelar dua bulan lagi.

    Fandi Ahmad mengakui ia tak punya cukup waktu untuk menyiapkan pasukannya jelang Piala AFF 2018.

    Namun, ia masih bisa melihat perkembangan terkini sekaligus mengevaluasi Timnas Singapura lantaran Asosiasi Sepak Bola Singapura (FAS) sudah mengagendakan dua uji coba lagi, yakni melawan Mongolia pada 12 Oktober 2018 serta Kamboja, empat hari kemudian.

    2 dari 2 halaman

    TC di Jepang

    Setelah itu, FAS memboyong Timnas Singapura proyeksi Piala AFF 2018 menjalani pemusatan latihan di Jepang hingga jelang kick-off turnamen sekali dalam dua tahun itu.

    Timnas Singapura kali terakhir memenangi gelar juara Piala AFF pada edisi 2012. Pada tahun ini, the Lions tergabung di Grup B bersama juara bertahan Thailand, Indonesia, Filipina, dan Timor Leste.

    Di sisi lain, Fandi Ahmad hanya berstatus sebagai pelatih sementara di Timnas Singapura senior. Saat ini, FAS masih terus mencari sosok pelatih yang tepat. Diharapkan, seusai Piala AFF 2018, sosok itu sudah ditemukan sehingga Timnas Singapura memiliki pelatih definitif.

    Pemain Niac Mitra pada era awal 80-an itu lantas akan kembali ke posisi aslinya, sebagai pelatih di Timnas Singapura U-22 untuk SEA Games 2019 serta kualifikasi Piala AFC U-23 pada tahun depan.

    Video Populer

    Foto Populer