Sukses


    Terlanjur Berlatih Keras, Andik Vermansah Tak Masuk Skuat Indonesia untuk Piala AFF 2018

    Bola.com, Surabaya - Asa Andik Vermansah kembali membela Timnas Indonesia di Piala AFF harus pupus. Namanya tak masuk daftar 23 pemain yang mendapat panggilan gabung ke pemusatan latihan tahap akhir Tim Garuda jelang Piala AFF 2018.

    Jika mengacu pada jumlah pemain yang dipanggil, 23 orang, itu adalah skuat final yang disiapkan untuk tampil di Piala AFF 2018. Kecuali, ada insiden di luar rencana semisal cedera parah yang menimpa pemain dalam daftar itu sehingga harus digantikan pemain lain.

    Di sisi lain, sejak dipanggil untuk menjalani uji coba melawan Hong Kong (16/10/2018), Andik menyadari kondisi fisik serta bobotnya belum ideal. Maklum, ia sudah lama tak menjalani latihan rutin bersama Kedah FA.

    Sejak akhir Agustus, Andik memang hanya berlatih ringan setiap hari di Lapangan KONI Jawa Timur karena kompetisi Malaysia Super League 2018 sudah selesai sejak akhir Agustus lalu.

    Andik berlatih sangat keras untuk mengembalikan fisik serta berat badannya ke kondisi ideal. Dengan harapan, ia bisa membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 sekaligus mengantar Tim Merah-Putih menjuarai turnamen tersebut.

    Hanya, harapan Andik tak kesampaian. Sebab, laga kontra Hong Kong ternyata kesempatan pertama dan terakhir yang didapatkan Andik bersama Timnas Indonesia proyeksi Piala AFF 2018.

    "Sepulang dari uji coba melawan Hong Kong, saya menempa fisik di Pantai Kenjeran. Saya juga berlatih keras di Lapangan KONI Jatim. Bahkan saat pulang ke kampung halaman orang tua saya di Jember, saya berlatih di pasir pantai di Pantai Papuma," ungkapnya.

    Andik mengungkap, berkat latihan itu, berat badannya mengalami banyak penurunan dan kembali ideal. Namun, mantan icon Persebaya Surabaya itu enggan menyebutkan berapa berat badannya saat ini dan sebelumnya.

    "Tidak perlu saya sebutkan. Yang jelas, bobot saya sekarang jauh lebih ideal dibanding ketika main melawan Hong Kong. Dengan bobot yang sekarang, saya bisa berlari kencang dan langkah saya lebih ringan," jelas pemain yang pernah tiga musim membela Selangor FA itu.

    Andik sebenarnya sangat berharap bisa menjadi bagian dari Timnas Indonesia yang akan tampil di Piala AFF 2018. Andik menyimpan ambisi besar untuk membawa Tim Garuda menjuarai Piala AFF kali ini.

    Namun, nasib berkata lain, Andik dipastikan hanya bisa menyaksikan rekan-rekannya di Timnas Indonesia berlaga di Piala AFF 2018 dari layar kaca atau tribune stadion.

    Video Populer

    Foto Populer