Sukses


    Jalan Berliku Menuju Cikarang, Markas Timnas Indonesia Jelang Piala AFF 2018

    Bola.com, Cikarang - Timnas Indonesia melakoni training camp jelang Piala AFF 2018 di Cikarang, Kabupaten Bekasi, pada 2-5 November 2018. Pemilihan Cikarang sebagai tempat TC terbilang mengejutkan mengingat lokasinya yang entah berantah.

    Secara administrasi, Cikarang merupakan ibu kota Kabupaten Bekasi. Letaknya berada 55 km di selatan DKI Jakarta. Meskipun tak jauh, butuh perjuangan untuk bisa mengunjungi Cikarang.

    Problem kemacetan menjadi alasan utama keengganan seseorang menyambangi Cikarang. Jarak yang hanya 55 km bisa ditempuh sampai 3 jam lebih.

    Kondisi Cikarang cukup gersang mengingat tak banyak pepohonan yang tumbuh. Kesan panas ditambah dengan banyaknya pabrik yang berada di sekitaran Cikarang.

    Suasana di Stadion Wibawa Mukti Cikarang pada laga Timnas Indonesia U-19 dan Timnas Indonesia, Rabu (10/10/2018). (KLY Sports/Fitri Apriani)

    Untuk sebuah ibukota kabupaten, Cikarang sebenarnya cukup modern. Namun, masih banyaknya lahan-lahan kosong membuat kehidupan di kota tersebut seakan membosankan.

    Meski demikian, Cikarang tetap menjadi pilihan utama Timnas Indonesia untuk menggelar training camp. Memiliki Stadion Wibawa Mukti yang mendukung fasilitas latihan, membuat pelatih Bima Sakti tak ragu memusatkan latihan di kota seluas 127.388 hektar itu. "Kami ingin lebih fokus," kata Bima Sakti kepada wartawan.

     

    2 dari 2 halaman

    Tenang

    Alasan tersebut cukup masuk akal mengingat lokasi Stadion Wibawa Mukti yang terpencil. Disekitan stadion hanyalah lahan-lahan kosong yang diproyeksi bakal menjadi perumahan di masa depan.

    Timnas Indonesia pun tak harus meladeni serbuan para penonton yang ingin berinteraksi. Pantauan Bola.com pada Jumat (2/11/2018), tak ada masyarakat yang menyaksikan sesi latihan Timmas Indonesia. 

    Antrean kendaraan di Gerbang Tol Cikarang, Kamis (13/4/2017) malam. (Liputan6.com/Fernando Purba)

    Selain itu, kondisi lapangan yang bagus pun menjadi pertimbangan Bima Sakti. Stadion Wibawa Mukti memiliki kualitas rumput yang bagus sehingga tidak mengganggu proses latihan Hansami Yama dkk.

    "Lapangannya juga bagus dan suasanan juga bagus," tegas Bima Sakti.

    Timnas Indonesia melakoni training camp di Cikarang sampai Senin (5/11/2018). Keesokan harinya, Selasa (6/11/2018), mereka akan langsung bertolak ke Singapura untuk laga perdana Grup B Piala AFF 2018 yang digelar Jumat (9/11/2018).

    Video Populer

    Foto Populer