Sukses


    Alfath Faathier Serius Menekuni Sepak Bola berkat Beasiswa Semasa SMP

    Bola.com, Jakarta - Alfath Faathier memiliki peran penting saat Timnas Indonesia menang 3-1 atas Timor Leste pada laga kedua penyisihan Grup B Piala AFF 2018. Dia mencetak satu gol pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa malam (13/11/2018).

    Alfath selama ini kurang dikenal. Hal itu karena ia dianggap tak terlalu menonjol saat bersama klubnya, Madura United. Namun, kepiawaiannya kini dibutuhkan Tim Merah-Putih.

    Di balik keberhasilannya memberi kontribusi untuk Timnas Indonesia, pemain asal Bandung itu sempat tidak yakin memutuskan untuk menekuni sepak bola. Keraguan itu sempat membuatnya berhenti bermain sepak bola.

    "Saya sejak kelas 4 SD ikut SSB di Bina Muda Utama. Saat masuk SMP, saya sudah berhenti ikut SSB. Saya pikir mungkin jalan saya bukan ini. Apalagi keluarga tidak ada yang kerja di dunia sepak bola," kata pemain berusia 23 tahun itu kepada Bola.com.

    Keyakinannya baru muncul setelah Alfath berhasil membawa SMPN 40 Bandung menjuarai O2SN. Berkat prestasi itulah dia mendapat beasiswa berupa penggratisan biaya sekolah dan uang tunai senilai Rp900 ribu.

    "Waktu itu bingung uang segitu mau diapain. Terus, paman saya bilang karena dapatnya dari sepak bola, dipakai buat sepak bola saja. Akhirnya, saya beli sepatu dan daftar SSB lagi," ungkap pemain kelahiran Purwakarta, 6 Oktober 1995, itu.

    Dari titik itulah, Alfath mulai yakin jalan hidupnya ada di sepak bola. Dia kemudian mulai bergabung Diklat Persib pada 2014. Dua tahun kemudian, dia juga masuk tim sepak bola PON Jabar 2016.

    "Gara-gara Diklat Persib itu, saya masuk Persib U-21 di ISC U-21 2016. Sebagai anak muda Bandung, semangat saya sangat besar untuk membela Persib. Makanya, saya tak ingin menyerah," lanjutnya.

    Hanya, petualangan Alfath tidak berlanjut dengan bergabung Persib senior. Pada Liga 1 2017, dia mendapat peruntungan bergabung dengan Persiba Balikpapan yang pada awal musim ditangani Timo Scheunemann.

    "Berkat coach Timo itu, saya bisa menjalani debut profesional di Liga 1. Memang harus disayangkan, Persiba sudah terdegradasi. Saya sekarang bersama Madura United, dan Alhamdulillah bisa membela Timnas Indonesia," tuturnya.

    Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

    Video Populer

    Foto Populer