Sukses


    Prediksi Thailand vs Timnas Indonesia: Tekad Kuat Akhiri Mitos Buruk di Piala AFF

    Bola.com, Bangkok - Timnas Indonesia dalam kondisi sangat termotivasi jelang laga kontra Thailand dalam pertandingan ketiga Grup B Piala AFF 2018 yang digelar di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11/2018). Tekad menuntaskan rekor buruk di Stadion Rajamangala menjadi fokus yang diperjuangkan saat ini.

    Dalam catatan rekor pertemuan antara Thailand dan Timnas Indonesia di Stadion Rajamangala dalam sepanjang sejarah Piala AFF, Tim Garuda tak sekalipun bisa mengalahkan The War Elephants di depan masyarakat Thailand. Hal tersebut sudah terjadi sejak era asisten pelatih Timnas Indonesia saat ini, Kurniawan Dwi Yulianto, masih aktif bermain sebagai striker Tim Garuda.

    Kondisi Timnas Indonesia yang kalah 0-1 dari Singapura di laga perdana Grup B Piala AFF 2018 dan bangkit di laga kedua kontra Timor Leste menjadi pelecut bagi para pemain untuk bisa mencuri poin di Thailand. Semua pilar Tim Garuda menyadari pentingnya bisa pulang ke Indonesia dengan membawa poin dari Bangkok.

    Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti menegaskan timnya benar-benar termotivasi untuk bermain bagus demi bisa mengakhiri tren negatif di Rajamangala. Selain itu, banyaknya suporter dari kedua tim yang akan datang menurutnya akan menjadi suntikan semangat untuk para pemain.

    "Saya berpikir semua pemain akan termotivasi. Ada mitos buruk soal kekalahan kami di sini, tapi kami akan bermain bagus di laga kali ini dan bekerja keras dengan motivasi yang besar. Atmosfer pendukung yang datang akan bagus bagi kami. Para pemain pasti merasakan semangat dari hadirnya suporter di stadion ini," ujar Bima Sakti.

    Kemenangan yang diraih Thailand atas Timor Leste dalam pertandingan pertama mereka tentu menjadi sebuah momok tersendiri bagi Tim Garuda. Keberhasilan striker Thailand, Adisak Kraisorn, mencetak enam dari total tujuh gol yang dicetak Thailand ke gawang Timor Leste, menjadi catatan khusus bagi Bima Sakti.

    "Saya sudah menginstruksikan pemain belakang kami untuk mewaspadainya. Ia memang pemain yang benar-benar berbahaya. Namun, saya percaya Thailand merupakan tim bagus yang terdiri dari banyak pemain bagus. Jadi saya akan respek terhadap mereka sebagai sebuah tim," ujar sang mentor.

    Dalam latihan terakhir yang dijalani Timnas Indonesia, Putu Gede Juni Antara tampaknya akan menjadi andalan lagi di sisi kanan pertahanan Timnas Indonesia. Putu kembali setelah sempat menjalani hukuman akumulasi kartu di laga kontra Timor Leste. Hansamu Yama dan Fachrudin Aryanto masih menjadi pilihan sebagai duet palang pintu pertahanan yang dibantu Alfath Faathier di sisi kiri.

    Lini tengah Tim Garuda akan kembali menjadi milik Zulfiandi, Stefano Lilipaly, dan Evan Dimas. Sementara itu, kecemerlangan dua pemain sayap senior di laga kontra Timor Leste tampaknya membuat Bima Sakti menjatuhkan pilihan kepada Riko Simanjuntak dan Andik Vermansah untuk membantu Beto Goncalves yang berada ujung tombak Timnas Indonesia.

    Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

    2 dari 4 halaman

    Pantau Timnas Indonesia, Thailand Optimistis

    Sementara itu, Thailand dalam kondisi yang sangat baik karena memiliki waktu recovery yang lebih panjang ketimbang Timnas Indonesia. Thailand baru memainkan satu pertandingan menghadapi Timor Leste pada 9 November dan tidak bermain saat keempat tim Grup B lain tampil pada 13 November.

    Keuntungan ini membuat pelatih Thailand, Milovan Rajevac, memiliki kesempatan untuk mengistirahatkan para pemainnya dan mencari informasi soal Timnas Indonesia. Rajevac pun optimistis semua persiapan timnya sudah sesuai rencana.

     

    "Kami punya persiapan yang lama dan itu akan kami maksimalkan. Kami sudah memantau Timnas Indonesia dan kami sudah siap untuk pertandingan ini. Kami menyaksikan pertandingan Indonesia dalam tiga tahun terakhir. Kami tidak akan memberikan nama pemain yang harus diwaspadai secara spesifik, yang pasti tim kami sudah siap," tegas pelatih asal Serbia itu.

     

    Sementara itu, gelandang Thailand, Thitipan Puangchan, menegaskan Timnas Indonesia merupakan tim yang berbeda dengan Timor Leste yang mereka kalahkan sangat telak di pertandingan pertama. Namun, gelandang The War Elephants itu yakin bisa meraih kemenangan di depan pendukungnya.

    "Timor Leste berbeda dengan Indonesia. Kami sudah mempelajari permainan Timnas Indonesia dan mempersiapkan diri dengan lebih baik. Timnas Indonesia merupakan tim yang lebih baik dari Timor Leste, tapi saya yakin kami bisa mendapatkan hasil positif," tegas Thitipan Puangchan.

     

    3 dari 4 halaman

    Prakiraan Susunan Pemain

    Thailand (4-2-3-1): Sivarak Tedsungnoen (Kiper); Philip Roller, Manurl Bihr, Chalermpong Kerdkaew, Korralot Wiriya-Udomsir (Belakang); Tanaboon Kesarat, Thitipan Puangchan, Mongkol Tossakrai, Sanrawat Dechmitr, Nurul Sriyankem; Adisak Kraison (Depan)

    Pelatih: Milovan Rajevac

    Indonesia (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (Kiper); Putu Gede, Hansamu Yama, Fachrudin Aryanto, Alfath Fathier (Belakang); Zulfiandi, Stefano Lilipaly, Evan Dimas (Tengah); Riko Simanjuntak, Alberto Gonsalves, Andik Vermansah (Depan)

    Pelatih: Bima Sakti

    4 dari 4 halaman

    Live Streaming di Vidio.com

    Pembaca Bola.com bisa menyaksikan live streaming Piala AFF antara Thailand menghadapi Indonesia dengan mengklik tautan ini.

    *Keterangan: 

    • Untuk menonton di Channel Premier Vidio.com pertama-tama pembaca harus lebih dulu login dengan memasukkan email dan melakukan verifikasi SMS (dibutuhkan data nomor HP). Pendaftaran bisa dilakukan dengan meng-klik tautan di atas dan hanya bisa dilakukan lewat desktop dan mobil version (tidak bisa melalui App Vidio.com).

     

    • Setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan akses gratis selama 30 hari untuk menonton melalui desktop, mobile dan apps. 

     

    • Piala AFF 2018 di Channel Premier di Vidio.com dapat disaksikan dengan meng-klik thumbnail Total Sports Blast 3 (TSB 3), atau melalui thumbnail TSB yang lain di sana (ikuti petunjuk navigasi banner di hari pertandingan).

     

    • Pertandingan yang bisa disaksikan bukan hanya yang melibatkan timnas Indonesia saja. 

    Video Populer

    Foto Populer