Sukses


Menghitung Kans Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF 2018

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia takluk 2-4 dari Thailand pada laga ketiga Grup B Piala AFF 2018, di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11/2018). Kekalahan ini membuat kans Indonesia lolos ke semifinal makin berat.

Melawat ke markas lawan, Tim Garuda mampu mengimbangi permainan Thailand. Bahkan, berdasarkan statistik di situs resmi AFF Suzuki Cup, Indonesia mencatatkan 49,5 persen penguasaan bola, berbanding 50,5 persen milik The War Elephants.

Namun, Timnas Indonesia gagal menahan gempuran Thailand dan takluk 2-4. Sepasang gol Timnas Indonesia disarangkan Zulfiandi pada menit ke-29 dan Fachrudin Aryanto menit ke-89.

Di sisi lain, gol-gol Thailand dicetak Korrakot Wiriyaudomsiri pada menit ke-38, Pansa Hemviboon menit ke-45+2, Adisak Kraisorn pada menit ke-65, dan Pokklaw Anan menit ke-74.

Gagal mendulang tiga poin membuat peluang Timnas Indonesia menembus semifinal Piala AFF 2018 terbilang misi sangat berat. Sebab, Indonesia saat ini berada di peringkat empat Grup B dengan nilai tiga.

Timnas Indonesia tertinggal tiga poin dari Thailand dan Filipina yang berada di urutan pertama dan kedua, serta kalah head to head dari Singapura di posisi ketiga Grup B Piala AFF 2018.

Tak sekadar wajib memenangi laga terakhir kontra Filipina, Timnas Indonesia juga bergantung pada hasil tim lain untuk bisa ke semifinal.

2 dari 2 halaman

Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal jika...

Pada pertandingan terakhir, Stefano Lilipaly dkk. akan bersua Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (25/11/2018). Sementara tiga rival Indonesia, yakni Thailand, Filipina, dan Singapura masih memiliki dua pertandingan.

Thailand dan Filipina akan berhadapan di Panaad Stadium, Bacolod, Rabu (21/11/2018), sedangkan Singapura bersua Timor Leste di National Stadium, Singapura. Untuk satu laga sisa lainnya, Thailand akan menghadapi Singapura, serta Filipina bentrok dengan Indonesia.

Alhasil, nasib Timnas Indonesia kini berada di tangan Thailand dan Filipina untuk bisa lolos ke semifinal. Sebab, jika Thailand kontra Filipina bermain imbang, Tim Garuda dipastikan kandas. Pasalnya, Thailand dan Filipina sama-sama mendulang tujuh poin.

Tetapi, Indonesia bakal lolos jika Filipina dan Singapura kalah dari Thailand. Syarat lainnya, Indonesia membungkam Filipina di Stadion Gelora Bung Karno, dan Singapura bermain imbang kontra Timor Leste.

Dengan skenario itu, Tim Garuda akan melenggang sebagai runner-up mendampingi Thailand yang keluar sebagai juara grup. Namun, hal tersebut sepertinya merupakan misi mustahil.

Pasalnya, Filipina hanya butuh satu poin ketika bersua Indonesia dan Singapura unggul head to head atas Tim Garuda. Timnas Indonesia pun diprediksi finis di peringkat keempat Grup B Piala AFF 2018.

Video Populer

Foto Populer