Sukses


    Prediksi Grup B Piala AFF 2018: Filipina Vs Thailand, Kunci Nasib Timnas Indonesia

    Bola.com, Jakarta - Ketika Timnas Indonesia rehat dari aktivitas pertandingan Grup B Piala AFF 2018, nasib mereka justru akan ikut ditentukan dalam laga antara Filipina kontra Thailand di Stadion Panaad, Bacolod, Filipina, Rabu (21/11/2018).

    Sementara itu, Singapura juga berusaha memperbesar kans lolos ke semifinal Piala AFF 2018 dengan membidik kemenangan saat menjamu Timor Leste, di Stadion Nasional Kallang pada waktu yang sama.

    Timnas Indonesia rehat bertanding di Grup B Piala AFF 2018, dan baru akan kembali menjalani laga pada matchday kelima, Minggu (25/11/2018). Namun, Tim Garuda tak akan bisa tenang saat empat tim lain di Grup B memainkan pertandingan.

    Alasannya tentu tak jauh dari Timnas Indonesia yang akan gagal ke semifinal Piala AFF 2018, jika hasil dua pertandingan tersebut mengejutkan. Alhasil, duel melawan Filipina tidak akan berarti apapun. 

    Satu contoh yang mudah adalah jika Filipina bermain imbang dengan Thailand, habis sudah peluang Timnas Indonesia ke semifinal. Sebab, kedua tim memiliki tujuh poin, sementara Timnas Indonesia yang hanya menyisakan satu laga dengan mengoleksi tiga poin.

    Akan lain cerita jika Thailand mampu mencuri tiga angka di kandang Filipina. Timnas Indonesia masih punya kans lolos ke semifinal dengan kewajiban menang atas Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, pada Minggu (25/11/2018).

    Namun, itu pun dengan harapan Thailand mampu menang atas Singapura pada hari yang sama. Pasalnya, The Lions besar kemungkinan mampu meraih kemenangan saat menjamu Timor Leste pada Rabu (21/11/2018).

    Sementara itum untuk pertandingan antara Filipina kontra Thailand yang akan menjadi awal menentukan bagi nasib Timnas Indonesia di Piala AFF 2018, kedua pelatih tampak begitu fokus untuk membawa kemenangan bagi timnya masing-masing di Stadion Panaad.

    "Sudah jelas ini merupakan pertandingan penting bagi kedua tim untuk bisa lolos ke semifinal. Kami memperkirakan laga berjalan sulit dan kami sudah bersiap untuk menghadapi laga ini," ucap pelatih timnas Thailand, Milovan Rajevac.

    "Eriksson adalah pelatih hebat. Kami adalah pelatih berpengalaman dan kami sudah tahu betapa pentingnya pertandingan ini," lanjut Rajevac seperti dilansir situs resmi AFF Suzuki Cup.

    Thailand memang lebih diunggulkan meski bermain di kandang Filipina. Dalam 46 tahun terakhir, kedua tim sudah bertemu dalam 16 laga.

    Thailand tercatat tidak pernah kalah dalam pertemuan mereka dengan Filipina. Namun, pelatih Filipina, Sven-Goran Eriksson, punya target mengejutkan dalam laga tersebut.

    "Thailand adalah favorit menjadi juara grup ini. Namun, saya berharap kami bisa mengubahnya dalam pertandingan ini," papar Eriksson.

    "Jika kami bermain bagus, kami memiliki peluang yang bagus. Kami harus positif. Kami harus bermain lebih baik jika ingin mengalahkan Thailand," ujar pelatih asal Swedia itu jelang laga penting yang harus dihadapi timnas Filipina di Grup B Piala AFF 2018.

     

     

    2 dari 2 halaman

    Singapura Bidik Menang 4 Gol Atas Timor Leste

    Sementara itu, Singapura yang memiliki peluang untuk mendapatkan tempat di semifinal Piala AFF 2018 akan menjamu Timor Leste di Stadion Nasional, Kallang, Rabu (21/11/2018). 

    Mereka pun memiliki target yang tinggi. Sang pelatih, Fandi Ahmad, menegaskan Singapura ingin bisa menang dengan minimal empat gol ke gawang Timor Leste.

    Singapura saat ini berada di peringkat ketiga dengan tiga poin dari dua laga, yaitu kemenangan 1-0 atas Timnas Indonesia dan kalah 0-1 dari Filipina.

    Hanya meraih kemenangan tipis saat menjamu Timor Leste dirasa tidak akan banyak membantu Singapura yang masih akan menghadapi tim kuat, Thailand, pada Minggu (25/11/2018).

    "Dalam hati kami, tentu kami ingin mencetak setidaknya empat gol. Itu bukan sesuatu yang mustahil dan kami ingin melakukan yang mustahil. Ini pertandingan dengan misi hidup dan mati dan kami perlu menang besar," ujar Fandi Ahmad seperti dilansir The Straits Times.

    "Menang 1-0 atau 2-0 tidak akan membantu kami. Keuntungan masih akan bersama Filipina. Kami masih harus berharap Timnas Indonesia bisa mengalahkan mereka pada 25 November, itu kalkulasinya," lanjut mantan pemain Timnas Singapura itu.

    Namun, itu pun tidak akan mudah bisa didapatkan oleh Singapura. Meski Timor Leste sudah dipastikan tersingkir dari Piala AFF 2018, semangat untuk memperbaiki permainan dan memperlihatkan yang terbaik demi masa depan sepak bola Timor Leste terus mereka perlihatkan dalam dua laga terakhir, yaitu saat kalah 1-3 dari Indonesia dan 2-3 dari Filipina.

    Pelatih Timor Leste, Tsukitate, menegaskan, "Saya tak tahu bagaimana Singapura akan bermain. Namun, kami harus bermain dengan kemampuan 100 persen. Kami tidak bisa memikirkan lawan kami, tapi saya tahu para pemain saya akan melakukan yang terbaik."

    Video Populer

    Foto Populer