Sukses


Semifinalis Piala AFF 2018 Ulangan 2014, Thailand Bakal Juara Lagi?

Bola.com, Jakarta - Fase penyisihan grup Piala AFF 2018 akhirnya tuntas digelar pada Minggu (25/11/2018). Dari 10 kontestan, empat melaju ke semifinal dan enam tim terhenti. Timnas Indonesia masuk daftar enam tim yang kiprahnya terhenti dini.

Lima tim lain ada Myanmar, Kamboja, Laos (Grup A), Singapura, dan Timor Leste (Grup B).

Sedangkan empat tim yang berhasil tampil di semifinal setelah menduduki dua posisi teratas dari Grup A dan Grup B, yakni Vietnam dan Malaysia (Grup A), Thailand dan Filipina (Grup B).

Vietnam dan Thailand finis sebagai juara grup tanpa menelan satu kekalahan pun. The Golden Stars dan the War Elephants sama-sama mengoleksi poin 10 dari empat pertandingan.

Di posisi kedua, Malaysia mengumpulkan poin sembilan dan Filipina mengoleksi poin delapan.

Komposisi Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Filipina di semifinal pada edisi kali ini seakan mengulangi komposisi pada Piala AFF 2014. Pada edisi empat tahun lalu, empat tim itu juga bermain di semifinal.

Komposisinya hampir mirip dengan Vietnam juga memenangi Grup A dan Thailand jadi juara Grup B. Bedanya, Filipina finis sebagai runner-up Grup A sedangkan Malaysia menduduki peringkat kedua Grup B.

Lantas tim mana yang akan tampil di final? Namun, tentu sebelum itu, empat tim tersebut harus saling mengalahkan di semifinal. Thailand akan meladeni Malaysia pada 1 dan 5 Desember dan Vietnam bersua Filipina pada 2 dan 6 Desember 2018.

Jika mengacu pada hasil Piala AFF 2014, ketika itu Thailand keluar sebagai juara setelah mengalahkan Malaysia dengan skor agregat 4-3.

 

2 dari 2 halaman

Kans Semifinalis

Kans Thailand untuk kembali menyabet gelar juara pada edisi tahun ini sekaligus mencatatkan hattrick jadi juara Piala AFF cukup terbuka. Banyak kalangan memprediksi the War Elephants, akan meraih gelar keenam mereka pada 2018 ini.

Namun, tiga tim lain juga punya peluang sama. Tak sedikit pula yang meyakini, tahun ini merupakan milik Vietnam setelah apa yang mereka perlihatkan di Piala AFC U-23 2018 serta Asian Games 2018. 

Hanya, kuda hitam Filipina dengan racikan tangan dingin Sven-Goran Eriksson maupun semangat dan kekompakan yang dimiliki Malaysia membuat semifinal Piala AFF 2018 diprediksi berlangsung sengit, demi mendapat tiket bermain di final Piala AFF 2018 yang akan digelar pada 11 dan 15 Desember 2018.

Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

Video Populer

Foto Populer