Sukses


    Bungkam Malaysia, Vietnam Juarai Piala AFF 2018

    Bola.com, Hanoi - Timnas Vietnam berhasil menjadi juara Piala AFF 2018 setelah menang 1-0 atas Malaysia di leg kedua final yang digelar di Stadion My Dinh, Hanoi, Sabtu malam (15/12/2018). Gol tunggal Nguyen Ahn Duc membawa Vietnam menjadi juara dengan kemenangan agregat 3-2 atas Malaysia.

    Vietnam dan Malaysia memulai pertandingan dengan kondisi imbang 2-2 dari pertandingan leg pertama final yang digelar di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia (11/12/2018).

    Vietnam langsung tampil menggebrak dan berhasil membuka keunggulan saat laga baru berjalan enam menit lewat gol yang dicetak Nguyen Ahn Duc pada menit keenam. Pemain bernomor punggung 11 itu tanpa terkawal melepaskan tembakan first time di dalam kotak penalti Malaysia setelah menerima umpan silang Nguyen Quang Hai.

    Unggul cepat, Vietnam makin semangat untuk memberikan tekanan kepada tim tamu. Namun, Malaysia berusaha bisa mengimbangi permainan Vietnam, seperti yang mereka lakukan di leg pertama final Piala AFF 2018.

    Malaysia bahkan memberikan tekanan bergelombang pada menit ke-30 hingga babak pertama berakhir. Namun, keunggulan 1-0 untuk Vietnam tetap bertahan. Vietnam untuk sementara unggul agregat 3-2 atas Malaysia.

    Malaysia mengawali babak kedua dengan semangat menekan tim tuan rumah. Sejumlah peluang emas didapatkan Malaysia untuk menyamakan kedudukan. Namun, kiper Vietnam, Dang Van Lam, mampu mengawal gawangnya dengan sangat baik.

    Pertandingan di babak kedua semakin menarik dan keras. Hingga lima menit sebelum laga usai, wasit tercatat sudah mengeluarkan 11 kartu kuning dalam sepanjang pertandingan.

    Pada pengujung laga, wasit sempat mengeluarkan kartu merah untuk pemain Malaysia, Shahrul Saad, yang sebelumnya sudah mendapat kartu kuning. Namun, perbedaan jumlah pemain itu tak berarti banyak karena peluit panjang langsung berbunyi.

    Vietnam pun memastikan gelar juara kedua di Piala AFF dengan menjuarai Piala AFF 2018 ini. Penantian selama 10 tahun masyarakat Vietnam yang pertama kali melihat tim nasionalnya meraih trofi Piala AFF pada 2008 akhirnya berakhir.

    Susunan pemain:

    Vietnam (3-4-1-2): Dang Van Lam (kiper); Do Duy Manh, Tran Dinh Trong, Que Ngoc Hai (belakang); Nguyen Trong Hoang, Do Hung Dung, Nguyen Huy Hung, Doan Van Hau, Nguyen Quang Hai (tengah); Nguyen Anh Duc, Phan van Duc.

    Pelatih: Park Hang-seo

    Malaysia (4-4-1-1): Farizal Marlias (kiper); Syahmi Safari, Aidil Zafuan, Shahrul Saad, Syazwan Andik (belakang); Sumareh, Syamer Kutty Abba, Akram Mahinan, Safawi Rasid (tengah); Norshahrul Idlan Talaha, Zaquan Adha

    Pelatih: Tan Cheng Hoe

    Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

    Video Populer

    Foto Populer