Sukses


Juara Piala AFF 2018 Bakal Diadu Melawan Timnas Korea Selatan

Bola.com, Jakarta - Timnas Vietnam dan Timnas Malaysia masih akan menjalani partai final leg kedua untuk menentukan siapa di antara mereka yang keluar sebagai pemenang Piala AFF 2018. Final leg kedua ini dimainkan di Stadion My Dinh, Hanoi, Sabtu malam (15/12/2018).

Kedua tim punya kans sama besar jadi juara, menyusul hasil 2-2 yang dibukukan pada leg pertama di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur (11/12/2018).

Namun, siapa pun yang akan keluar sebagai pemenang, tim itu sudah dinanti raksasa Asia, Korea Selatan. Tim Negeri Ginseng itu saat ini berstatus juara turnamen EAFF.

Seperti dilansir dari Fox Sports Asia, juara Piala AFF 2018 akan menjalani pertandingan spesial kontra the Taeguk Warriors sebagai bagian dari kesepahaman AFF dengan Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF).

AFF dan EAFF menjalin MoU pada Sabtu ini (15/12/2018), bersamaan dengan agenda pertemuan Dewan AFF sejak Jumat (14/12/2018). 

Dalam MoU itu, satu di antaranya disepakati, pemenang turnamen EAFF akan dipertemukan dengan pemenang turnamen Piala AFF dalam pertandingan bertajuk AFF-EAFF Champions Trophy.

Seperti halnya penyelenggaraan Piala AFF, pertemuan tim juara AFF kontra EAFF digelar sekali dalam dua tahun. Edisi pertama Champions Trophy akan dimainkan pada 26 Maret 2019. Venue-nya, di markas juara Piala AFF 2018. Jadi, di antara Stadion Bukit Jalil atau Stadion My Dinh.

Champions Trophy edisi kedua diagendakan digelar pada 2021. Sementara turnamen EAFF edisi selanjutnya baru digelar pada 2019, sedangkan Piala AFF edisi berikutnya diputar pada 2020.

"Kami gembira mencapai kesepakatan menggelar AFF-EAFF Champions Trophy setelah dua federasi berjanji bekerja sama untuk mengembankan sepak bola masing-masing. Saya percaya diri persahabatan dua federasi akan jadi contoh tersukses kerja sama di antara federasi regional di FIFA," kata Chung Mong-gyu, Presiden EAFF.

Jika AFF dihuni negara-negara di kawasan Asia Tenggara, sesuai namanya, EAFF beranggotakan negara di wilayah Asia Timur seperti Korea Selatan, China, dan Jepang. 

Sumber: Fox Sports Asia

Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

Video Populer

Foto Populer