Sukses


    Sebulan Jelang Piala AFF 2020, Brunei Darussalam Memilih Mundur

    Bola.com, Kuala Lumpur - Brunei Darussalam mengonfirmasi keputusan untuk mundur dari Piala AFF 2020. Pandemi COVID-19 yang masih melanda Asia Tenggara menjadi dasar bagi Brunei untuk tidak mengikuti turnamen tersebut.

    Keputusan itu dikonfirmasi secara langsung oleh Asosiasi Sepak Bola Brunei Darussalam (FABD). Presiden FABD, Pengiran Haji Matusin Bin Pengiran Haji Matasan, menyebut keputusan ini sulit diambil, namun harus dilakukan demi kepentingan bersama.

    "Kami sangat kecewa karena Tim Nasional kami tidak dapat bersaing pada Kualifikasi Piala AFF 2020 mendatang yang berlangsung di Singapura," kata Pengiran Haji Matusin Bin Pengiran Haji Matasan.

    "Sayangnya, pandemi memiliki efek luas pada persiapan tim kami untuk turnamen dan semua upaya telah dilakukan untuk menyelesaikan kesulitan. Namun, terbukti terlalu rumit pada saat-saat akhir ini."

    "Kami berharap AFF sukses untuk turnamen yang akan datang dan berharap dapat mengikuti kompetisi ini sekali lagi di edisi berikutnya," tegas Pengiran Haji Matusin Bin Pengiran Haji Matasan.

    Keputusan mundurnya Brunei Darussalam menjadi kabar yang gembira buat Timor Leste. Dengan demikian, mereka akan lolos langsung ke Piala AFF 2020.

    Timor Leste berada di Grup A Piala AFF 2020. Nantinya, Timor Leste akan bersaing dengan Thailand, Singapura, Filipina, dan Myanmar.

    2 dari 3 halaman

    AFF Legowo

    Presiden Federasi Sepak Bola Asia Tenggara, Khiev Sameth, menyayangkan keputusan mundur yang diambil Brunei Darussalam dari Piala AFF 2020. Namun, AFF menyadari dasar dari keputusan tersebut.

    "Kami sedih menerima kabar ini, akan tetapi sepenuhnya memahami dan berempati dengan FABD atas kesulitan mereka. Kami tahu kawasan ASEAN telah terpukul keras oleh pandemi dan semuanya berusaha untuk mengatasi tantangan dengan berbagai cara," ucap Khiev Sameth.

    "Meskipun kami akan merindukan melihat Timnas Brunei Darussalam berakhir tahun ini, tahu mereka akan kembali lebih kuat dari sebelumnya dan menantikan partisipasi mereka pada edisi selanjutnya," tegas Khiev Sameth.

    3 dari 3 halaman

    Hasil Undian Piala AFF 2020

    Video Populer

    Foto Populer