Sukses


    Jelang Piala AFF 2020: Iwan Bule Sebut Kontestan BRI Liga 1 Keberatan Banyak Pemainnya Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia

    Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengungkapkan bahwa sejumlah klub BRI Liga 1 2021/2022 keberatan banyak pemainnya dipanggil ke Timnas Indonesia oleh pelatih Shin Tae-yong.

    Shin Tae-yong terpaksa hanya memanggil maksimal dua pemain per klub untuk persiapan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

    Keputusan itu berdasarkan kesepakatan antara PSSI dengan para peserta BRI Liga 1 saat manajer's meeting dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) beberapa waktu lalu.

    Sewaktu Timnas Indonesia bermain di Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Chinese Taipei pada Oktober 2021, Shin Tae-yong banyak menyertakan pemain dari beberapa klub.

    Persebaya Surabaya misalnya, tim berjuluk Bajul Ijo itu menyumbang empat nama ke Timnas Indonesia. Sementara Barito Putera, mengirim tiga pemain ke tim berjuluk Skuad Garuda itu.

    "Banyak klub yang sudah menyampaikan keberatan kepada kami. Seperti waktu itu, Persebaya diambil empat pemain," kata Iriawan di tengah-tengah latihan Timnas Indonesia di Stadion Madya, Jakarta Pusat, Rabu (10/11/2021).

    "Sehingga diputuskan Timnas Indonesia memanggil maksimal dua pemain per klub dan Shin Tae-yong sudah sepakat dengan ketentuan itu," imbuh Iwan Bule, karibnya disapa.

     

     

    2 dari 4 halaman

    Penjelasan Iwan Bule

    Lebih lanjut Iwan Bule mengaku bahwa kebijakan pembatasan pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia sesuai dengan persetujuan Shin Tae-yong.

    Iriawan menjelaskan bahwa klub BRI Liga 1 merasa kekuatannya tergerus jika Shin Tae-yong memanggil banyak pemain dalam satu klub.

    "Coach Shin Tae-yong sudah tahu mana yang terbaik di antara pemain-pemain yang ada. Makanya hanya dipanggil dua pemain per klub," imbuh Iriawan.

    "Sebab kadang-kadang, misalnya empat pemain dalam satu klub dipanggil ke Timnas Indonesia, tapi hanya dua yang terpakai."

    "Sehingga kasihan klub-klub yang punya pemain bagus tapi tidak bermain di Timnas Indonesia namun dibutuhkan oleh klub tersebut," ucapnya.

    Saat ini, Timnas Indonesia sedang dalam masa persiapan untuk Piala AFF. Shin Tae-yong memercayai 26 pemain untuk uji coba dan pemusatan latihan di Turki.

     

     

     

    3 dari 4 halaman

    Jadwal Uji Coba Timnas Indonesia di Turki

    Jadwal Uji Coba 

    16 November 2021

    • Timnas Indonesia Vs Afghanistan

    25 November 2021

    • Timnas Indonesia Vs Myanmar

     

    4 dari 4 halaman

    26 Pemain Timnas Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer