Sukses


    Menilik Rekam Jejak Pemain Papua di Piala AFF, Selalu Konsisten Memberikan Kontribusi untuk Timnas Indonesia

    Bola.com, Jakarta - Papua tak bisa dipisahkan dari sejarah sepak bola Indonesia. Pulau paling timur di Indonesia itu selalu mengirimkan wakil ke Timnas Indonesia.

    Para pemain asal Papua biasanya memiliki kualitas jempolan dan stamina yang bagus. Bakat alamiah itu lahir karena didukung oleh kondisi alam yang berbukit sehingga sering jadi andalan Timnas Indonesia.

    Pemain asal Papua juga kerap menjadi andalan di Timnas Indonesia, khususnya Piala AFF. Sejak awal keikutsertaan Timnas Indonesia pada 1996, tercatat hanya satu edisi yakni pada 2018 pemain Papua absen di Piala AFF.

    Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, pada PON XX Papua lalu tak menampik kontribusi dari Papua di sepak bola Indonesia. Zainudin Amali bahkan yakin, Papua akan selalu menelurkan pemain-pemain berbakat yang siap menjadi andalan Timnas Indonesia masa depan.

    "PON ini merupakan tempat memantau bakat dan talenta dan semua tim yang tampil di PON Papua. Khususnya cabor sepak bola baik putra maupun putri saya bisa melihat talenta-talenta yang nantinya bisa kita dorong ke tim nasional," ucap Zainudin Amali.

    Kontribusi pemain Papua pun terus berlanjut di era pelatih Shin Tae-yong. Selalu ada pemain Papua dalam skuat asuhan Shin Tae-yong di kelompok umur maupun senior.

    Situasi itu menjadi bukti memang pemain Papua punya nilai lebih di mata Shin Tae-yong sehingga dipercaya membela Timnas Indonesia. Tradisi yang sejauh ini tak pernah mengecewakan mengingat para pemain asal Papua punya kualitas dan kemampuan mumpuni sebagai pesepak bola.

    2 dari 4 halaman

    Elie Aiboy Paling Mentereng

    Dari sederet pemain Papua yang pernah membela Timnas Indonesia di Piala AFF, Elie Aiboy menjadi yang paling mentereng. Elie Aiboy tercatat paling sering tampil di Piala AFF yakni sebanyak lima edisi.

    Elie Aiboy tampil membela Timnas Indonesia pada Piala AFF 2002, 2004, 2007, 2008, dan 2012. Puncak penampilan Elie Aiboy paling tinggi terjadi pada Piala AFF 2004.

    Ketika itu, Elie Aiboy berhasil mencetak empat gol dan membantu Timnas Indonesia menembus final. Uniknya, Elie Aiboy sejajar dengan pemain Papua lain yakni Boaz Solossa yang juga mencetak empat gol.

    Sayangnya, ketajaman keduanya gagal membantu Timnas Indonesia meraih gelar Piala AFF. Timnas Indonesia asuhan Peter Withe kalah dengan agregat 2-5 dari Singapura.

    3 dari 4 halaman

    Tanggung Jawab Besar

    Tradisi yang pernah terputus pada 2018 kini kembali tertulis. Timnas Indonesia asuhan pelatih Shin Tae-yong saat ini diperkuat tiga pemain asli Papua.

    Mereka adalah Ricky Kambuaya, Ramai Rumakiek, dan Marckho Sandy Meraudje. Dua nama awal sudah pernah bermain di bawah asuhan Shin Tae-yong, sedangkan Marckho Sandy Meraudje menjadi debutan.

    Ketiga memang pantas dipanggil Timnas Indonesia. Penilaian Shin Tae-yong mengacu pada kontribusi ketiganya di masing-masing tim pada BRI Liga 1 2021/2022.

    Uniknya, ketiga pemain tersebut bermain di posisi krusial. Ricky Kambuaya dan Ramai Rumakiek sebagai gelandang serang, sedangkan Marckho Sandy bermain sebagai bek.

    Tanggung jawab besar akan diemban ketiganya di Timnas Indonesia. Mereka harus mampu memberikan penampilan dan kontribusi maksimal karena membawa nama besar tradisi pemain Papua.

    4 dari 4 halaman

    Daftar Pemain Papua di Piala AFF

     Piala AFF 1996

    Aples Tecuari

    Chris Yarangga

    Piala AFF 1998

    Alexander Pulalo

    Piala AFF 2000

    Eduard Ivakdalam

    Piala AFF 2002

    Aples Tecuari

    Elie Aiboy

    Piala AFF 2004

    Ortizan Solossa

    Jack Komboy

    Boaz Solossa

    Elie Aiboy

    Piala AFF 2007

    Erol Iba

    Elie Aiboy

    Piala AFF 2008

    Erol Iba

    Elie Aiboy

    Piala AFF 2010

    Oktovianus Maniani

    Yesaya Desnam

    Piala AFF 2012

    Elie Aiboy

    Cornelius Geddy

    Vendry Mofu

    Oktovianus Maniani

    Piala AFF 2014

    Boaz Solossa

    Imanuel Wanggai

    Piala AFF 2016

    Boaz Solossa

    Yanto Basna

    Video Populer

    Foto Populer