Sukses


    5 Pemain Naturalisasi di Timnas Indonesia yang Mencuri Perhatian di Piala AFF: Ada yang Tokcer, Ada yang Amsyong

    Bola.com, Jakarta - Piala AFF selalu menjadi tolok ukur kesuksesan sebuah kualitas sepak bola dari negara di Asia Tenggara. Wajar bila negara-negara peserta menurunkan skuat terbaik demi gengsi dan trofi.

    Untuk mewujudkan kesuksesan, tim-tim Asia Tenggara biasanya menggunakan semua sumber daya pemain yang ada. Mulai dari pemain asli hingga naturalisasi.

    Timnas Indonesia sudah sejak edisi Piala AFF 2010 menggunakan jasa pemain naturalisasi dalam skuatnya. Sejak saat itu hingga edisi terakhir pada 2018, selalu ada perwakilan pemain naturalisasi di skuat Timnas Indonesia pada Piala AFF.

    Namun, menggunakan pemain naturalisasi di skuat Piala AFF ternyata bukan jaminan. Ada beberapa nama pemain naturalisasi yang terbukti hanya menjadi pemanis skuat.

    Meski begitu, ada pula pemain yang punya kontribusi maksimal untuk Timnas Indonesia. Namun, tetap saja Piala AFF yang diidam-idamkan belum bisa didatangkan ke Tanah Air.

    Bola.com mencatat, ada sejumlah pemain naturalisasi yang mendapatkan kesempatan membela Timnas Indonesia di Piala AFF. Ada yang sukses, ada pula yang hanya menjadi pemanis dalam skuat. Siapa saja?

    2 dari 7 halaman

    Victor Igbonefo

    Victor Igbonefo membela Timnas Indonesia pada Piala AFF 2014. Sayangnya, ketika itu Timnas Indonesia gagal lolos dari fase grup.

    Timnas Indonesia yang dikawal Victor Igbonefo pada jantung pertahanan kebobolan tujuh gol dari tiga laga. Timnas Garuda akhirnya hanya mengumpulkan empat poin hasil sekali menang, sekali imbang, dan sekali kalah.

    Victor Igbonefo kini kembali dipercaya membela Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong. Besar kemungkinan Piala AFF 2020 akan menjadi edisi kedua Victor Igbonefo bersama Timnas Indonesia.

    3 dari 7 halaman

    Raphael Maitimo

    Raphael Maitimo tercatat membela Timnas Indonesia pada dua edisi Piala AFF. Pemain naturaliasi itu bermain pada edisi 2012 dan 2014.

    Sayangnya, Dewi Fortuna tak berpihak untuk Maitimo dan Timnas Indonesia. Pada dua edisi tersebut, Timnas Garuda gagal lolos dari fase grup.

    Maitimo tercatat hanya mencetak satu gol untuk Timnas Indonesia. Perlahan-lahan, kariernya di skuat Merah Putih pun meredup dan belum lagi dipanggil sejak 2015.

    4 dari 7 halaman

    Stefano Lilipaly

    Stefano Lilipaly tercatat dua kali menjadi bagian dari Timnas Indonesia di Piala AFF. Stefano Lilipaly tampil pada edisi 2016 dan 2018.

    Pencapaian terbaiknya adalah bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. Ketika itu, Stefano Lilipaly dipercaya menjadi motor serangan skuat Garuda hingga mampu menembus final.

    Sayangnya, Timnas Indonesia menelan kekalahan di final. Adapun pada 2018, Timnas Indonesia tak mampu lolos fase grup. Namun, Lilipaly bisa dikatakan sebagai pemain naturaliasi yang sukses karena sudah mengoleksi tiga gol di Piala AFF.

    5 dari 7 halaman

    Beto Goncalves

    Beto Goncalves masuk daftar skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Sayangnya, Beto berada dalam situasi yang tidak menguntungkan ketika itu.

    Beto cuma mampu mencetak satu gol untuk Timnas Indonesia. Jumlah itu tak cukup mengantarkan Timnas Indonesia lolos dari fase grup.

    Timnas Indonesia babak belur dan finis di posisi keempat klasemen akhir. Timnas asuhan Bima Sakti hanya mampu mengoleksi empat poin hasil empat kali bertanding.

    6 dari 7 halaman

    Cristian Gonzales

    Cristian Gonzales bisa disebut sebagai pemain naturaliasi yang paling tokcer membela Timnas Indonesia di Piala AFF. Dirinya sejajar dengan Stefano Lilipaly secara jumlah gol.

    Gonzales tercatat dua kali membela Timnas Indonesia di Piala AFF pada edisi 2010 dan 2016. Pencapaian paling bagus Gonzales bersama Timnas Indonesia terjadi di Piala AFF 2010.

    Ketika itu, Gonzales sukses mencetak tiga gol dan membantu Timnas Indonesia menembus final. Sayangnya, Timnas Garuda menelan kekalahan di partai puncak dari Malaysia.

    7 dari 7 halaman

    Daftar Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia di Piala AFF

    • Cristian Gonzales (Piala AFF 2010, 2014)
    • Raphael Maitimo (Piala AFF 2012, 2014)
    • Stefano Lilipaly (Piala AFF 2016, 2018)
    • Tonnie Cusell (Piala AFF 2012)
    • Jhon van Beukering (Piala AFF 2012)
    • Victor Igbonefo (Piala AFF 2014)
    • Sergio van Dijk (Piala AFF 2014)
    • Beto Goncalves (Piala AFF 2018)

    Video Populer

    Foto Populer