Sukses


    6 Catatan Menarik di Piala AFF 2010: Ketika Timnas Indonesia Dibuat Malu Malaysia

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia dalam hitungan hari akan bertanding di Piala AFF 2020. Turnamen bergengsi antarnegara Asia Tenggara itu semestinya digelar pada 2020, akan tetapi pandemi COVID-19 membuat event harus ditunda.

    Sebelum Piala AFF 2020 digelar, ada baiknya bernostalgia ke edisi sebelumnya. Piala AFF 2010 merupakan edisi di mana Timnas Indonesia sempat begitu dielu-elukan sepanjang turnamen namun kalah memalukan dari rival utama, Malaysia di final.

    Timnas Indonesia saat itu ditangani oleh Alfred Riedl, pelatih asal Austria yang ditunjuk sebagai pelatih mulai 4 Mei 2010. Pelatih yang punya pengalaman menangani Timnas Vietnam dan Laos itu ditunjuk tidak hanya menangani Timnas Indonesia, tapi juga Timnas Indonesia U-23.

    Dalam mempersiapkan tim untuk Piala AFF 2010, Alfred Riedl memiliki komposisi pemain yang terbilang komplet. Seperti lini depan di mana tim punya Bambang Pamungkas, Budi Sudarsono, Yongki Aribowo, Johan Juansyah, Irfan Bachdim sampai Cristian Gonzales.

    Sayang meski punya rekam jejak luar biasa, tim harus dikalahkan Malaysia di final. Bola.com memiliki enam catatan menarik dari gelaran Piala AFF 2010. Yuk scroll ke bawah untuk melihatnya.  

     

     

    2 dari 2 halaman

    6 Catatan Menarik

    • 1. Timnas Malaysia yang keluar sebagai juara Piala AFF setelah mengalahkan Indonesia di final sejatinya sempat dipermalukan skuad asuhan Alfred Riedl pada fase grup dengan skor mencolok, 5-1.
    • 2. Timnas Malaysia menjadi juara untuk kali pertama pada ajang Piala AFF setelah mengalahkan Timnas Indonesia pada laga final yang berlangsung dua leg. Malaysia menang 3-0 saat bermain di kandang mereka, lalu hanya kandas 1-2 di Senayan.
    • 3. Pemain Malaysia, Safee Sali jadi top scorer Piala AFF 2010. Dia membukukan lima gol sekaligus unggul atas Cristian Gonzales dan Muhammad Ridwan lewat pencapaian tiga gol.
    • 4. Timnas Indonesia jadi tim paling tersubur di Piala AFF 2010. Tercatat Skuad Garuda mengemas 17 gol atau lima gol lebih banyak ketimbang Malaysia, sang juara.
    • 5. Timnas Indonesia juga hanya kebobolan dua gol saat fase grup atau yang terbaik di Grup A. Dua kebobolan dicatat saat Skuad Garuda mengalahkan Malaysia, 5-1 dan Thailand, 2-1.
    • 6. Thailand di Piala AFF 2010 dilatih sosok legendaris sepak bola Inggris, Bruan Robson tapi gagal lolos ke fase knockout setelah gagal bersaing melawan Indonesia dan Malaysia.

    Video Populer

    Foto Populer