Sukses


    Profil Peserta Piala AFF 2020, Myanmar: Sang Kuda Hitam

    Bola.com, Yangon - Timnas Myanmar menatap Piala AFF 2020 di Singapura dengan penuh kepercayaan diri. Tim berjulukan Asian Lions itu baru saja menggelar pemusatan latihan selama sebulan di Turki.

    Di Turki, Myanmar juga melakukan serangkaian uji coba. Asian Lions total melahap empat partai latih tanding, termasuk melawan Timnas Indonesia.

    Hasilnya, Myanmar berhasil mengalahkan Manavgat Belediyesi 2-1 dan Antalya Hal Spor 8-0. Akan tetapi, mereka kalah 1-4 dari Timnas Indonesia dan 1-2 dari Burundi.

    Myanmar turut memanggil dua pemain yang berlaga di Liga Malaysia, Hein Htet Aung dan Aung Kaung Mann, untuk Piala AFF. Namun, Asian Lions kehilangan Myo Ko Tun dan Soe Arkar karena cedera.

    Myanmar tergabung di Grup A pada Piala AFF. Asian Lions akan bersaing dengan Singapura, Thailand, Filipina, dan Timor Leste.

    Pelatih Myanmar, Antoine Hey, memanggil 21 pemain untuk pemusatan latihan di Turki. Namun, arsitek asal Jerman itu belum menentapkan komposisi pemain Asian Lions di Piala AFF.

    "Hey akan mengumumkan skuad final Myanmar untuk Piala AFF sebelum pertandingan pertama melawan Singapura pada 5 Desember 2021," tulis narasi Asosiasi Sepak Bola Myanmar (MFF) di lamannya.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 5 halaman

    Sejarah dan Kiprah Terakhir di Piala AFF

    Myanmar selalu berpartisipasi dalam setiap edisi Piala AFF. Namun, Asian Lions tidak pernah keluar sebagai juara.

    Prestasi terbaik Myanmar di Piala AFF terjadi pada 2004 dan 2016. Pada dua edisi itu, Asian Lions mampu melaju ke semifinal.

    Pada edisi terakhir Piala AFF 2018, Myanmar rontok di babak penyisihan. Asian Lions gagal bersaing dengan dua kekuatan besar Asia Tenggara (ASEAN), Vietnam dan Malaysia.

    3 dari 5 halaman

    Pelatih

    Antoine Hey mulai melatih Myanmar sejak 2018. Sebelumnya, pria berusia 51 tahun itu banyak menangani sejumlah negara di Afrika seperti Gambia, Liberia, hingga Kenya.

    Sejak memulai karier kepelatihannya pada 2003, Antoine Hey masih nihil gelar. Transfermarkt mencatat arsitek kelahiran Berlin, Jerman itu belum pernah memenangkan trofi mayor.

    Antoine Hey telah memoles Myanmar dalam 14 pertandingan merujuk data Transfermarkt. Hasilnya, Asian Lions meraih lima kemenangan, sekali seri, dan delapan kekalahan.

    Dua kekalahan Myanmar terjadi dengan selisih besar. Asian Lions dibantai Jepang 0-10 pada Mei 2021 dan 1-8 oleh Kirgistan pada 11 Juni 2021.

    4 dari 5 halaman

    Pemain Bintang

    Myanmar akan sangat bergantung dengan Maung Maung Lwin. Di usianya yang masih 26 tahun, gelandang Yangon United itu telah menjadi pemain senior di Asian Lions.

    Maung Maung Lwin sudah cukup berpengalaman berkancah di Piala AFF. Pemain kelahiran 18 Juni 1995 itu pernah tampil pada edisi 2016 dan 2018.

    Bersama Myanmar, Maung Maung Lwin telah bermain dalam 38 pertandingan. Dari jumlah itu, pemain yang terbiasa bermain di sisi sayap ini mencetak tujuh gol.

    5 dari 5 halaman

    Daftar Pemain Sementara Timnas Myanmar

    Kiper

    1. Myon Min Latt

    2. Pyae Lyan Aung

    3. Soe Arkar

    Bek

    4. David Htan

    5. Win Moe Kyaw

    6. Nyein Chan

    7. Zaw Ye Tun

    8. Ye Min Thu

    9. Hein Phyo Win

    10. Aung Naing Win

    Gelandang

    11. Maung Maung Lwin

    12. Hlaing Bo Bo

    13. Yan Naing Oo

    14. Myo Ko Tun

    15. Maung Maung Win

    16. Nay Moe Naing

    17. Hein Htet Aung

    Penyerang

    18. Suan Lam Mang

    19. Than Paing

    20. Aung Kaung Mann

    21. Kaung Htet Soe

    Video Populer

    Foto Populer