Sukses


    Timnas Indonesia Bakal Tampil di Piala AFF 2020, Seto Nurdiyantoro Kenang Pengalaman di Piala Tiger 2000

    Bola.com, Yogyakarta - Jelang beraksinya Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Kamis (9/12/2021), pelatih PSIM Yogyakarta, Seto Nurdiyantoro, mengenang masa-masa dirinya tampil bersama Tim Garuda di Piala Tiger 2000.

    Pada edisi Piala AFF ketiga itu, Timnas Indonesia punya beragam kisah menarik, seperti pelatih Nandar Iskandar yang didepak setelah Tim Merah-Putih kalah 1-4 pada laga kedua fase grup.

    Bicara mengenai dipecatnya Nandar Iskandar, keputusan tersebut diambil manajer Timnas Indonesia saat itu, Muhammad Zein. Kabarnya, keputusan Zein juga disetujui Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Nurdin Halid.

    Ketidakcocokan gaya kepelatihan dengan pemain jadi alasan utama saat itu. Zein juga mengatakan bahwa Nandar sendiri yang meminta untuk istirahat. Namun, informasi tersebut menjadi simpang siur. Sebab, tak lama kemudian, Nandar membantah kabar tersebut.

    Polemik tersebut sedikt dan banyaknya mengganggu skuad Garuda di ruang ganti. Posisi Nandar sendiri di Piala Tiger 2000 kemudian digantikan oleh dua asisten pelatih Dananjaya dan Rudy Keltjes.

    Seto Nurdiyantoro adalah satu di antara pemain yang masuk dalam Timnas Indonesia di Piala Tiger 2000. Saat itu, Seto adalah gelandang andalan Timnas Indonesia.

    Kepada Bola.com, Seto mengaku tidak tahu pasti alasan di balik berhentinya Nandar Iskandar dari kursi kepelatihan Timnas Indonesia. Tapi, yang pasti keputusan itu sempat mengganggu para pemain.

    "Soal alasan terjadi pergantian pelatih pada awal Piala Tiger itu, saya tidak tahu pasti," ujar Seto.

    "Tentunya ada pengaruh, tapi ya akhirnya kami berkomunikasi, bicara antarpemain bahwa itu tetap harus berjalan," lanjut pelatih PSIM Yogyakarta yang tercatat memiliki 11 caps bersama Timnas Indonesia itu.

    2 dari 3 halaman

    Maksimal Sampai Final

    Timnas Indonesia kala itu bisa lolos dari Grup A Piala Tiger 2000 dengan status runner-up Grup A. Mereka menang 3-2 atas Vietnam di babak semifinal. Pada laga semifinal itu Seto mencetak satu gol.

    Indonesia kemudian menghadapi Thailand di babak final. Skor telak 1-4 yang terjadi di fase grup kembali terulang di babak final ini. The War Elephant, julukan Thailand, pun keluar jadi juara di negaranya sendiri.

    Seto merasa pencapaian bisa melaju ke babak final Piala Tiger 2000 sudah maksimal bagi Indonesia saat itu. Apalagi dengan problem yang menghantui tim pada awal turnamen.

    Selain itu, Thailand juga tengah menikmati diperkuat para pemain legendaris. Sebut saja Kiatisuk Senamuang, Worrawoot Srimaka, dan beberapa pemain lain.

    "Saya pikir waktu itu sudah maksimal sampai final, Thailand bagus. Mereka tuan rumah dan masih ada pemain-pemain bintang seperti Kiatisuk Senamuang," tandas Seto.

    3 dari 3 halaman

    Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

    Kamis, 9 September 2021

    • Timnas Indonesia Vs Kamboja, kick-off: 19.30 WIB

    Minggu, 12 Desember 2021

    • Laos Vs Timnas Indonesia, kick-off: 16.30 WIB

    Rabu, 15 Desember 2021

    • Timnas Indonesia Vs Vietnam, kick-off: 19.30 WIB

    Minggu, 19 Desember 2021

    • Malaysia Vs Timnas Indonesia, kick-off: 19.30 WIB

    Video Populer

    Foto Populer