Sukses


    5 Pemain Debutan Timnas Indonesia yang Berpeluang Dimainkan Lawan Kamboja di Piala AFF 2020

    Bola.com, Jakarta - Di era Shin Tae-yong, banyak pemain mendapatkan debutnya di Timnas Indonesia senior. Hal itu tak lepas dari proyek peremajaan rata-rata usia pemain yang dilakukan pelatih asal Korea Selatan tersebut.

    Di Piala AFF 2020, ada beberapa nama yang juga potensial untuk menjalani debut di Timnas Indonesia senior. Debutan dalam hal ini adalah pertandingan resmi di ajang besar, bukan sekadar uji coba.

    Timnas Indonesia tergabung dalam Grup B Piala AFF 2020. Lawan-lawan yang akan dihadapi yaitu Kamboja, Laos, Vietnam, dan Malaysia.

    Laga pertama akan dihadapi Timnas Indonesia melawan Kamboja. Pertandingan dijadwalkan berlangsung di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12/2021), mulai pukul 19.30 WIB.

    Lantas, siapa saja pemain yang berpotensi menjalani debutnya bersama Timnas Indonesia senior saat melawan Kamboja? Berikut lima di antaranya.

     

    2 dari 6 halaman

    1. Alfeandra Dewangga

    Penggawa PSIS Semarang berusia 20 tahun ini bermain di posisi bek. Ia sudah masuk dalam rombongan Timnas Indonesia senior saat pemusatan latihan (TC) dan uji coba di Turki.

    Piala AFF 2020 menjadi pemanggilan pertamanya ke suatu event resmi. Peluang Alfeandra untuk diturunkan Shin Tae-yong dalam pertandingan Timnas Indonesia kontra Kamboja terbilang besar.

    Alasannya, pesaing yang dihadapi kekuatannya di atas kertas di bawah Timnas Indonesia. Sehingga para pemain yang lebih berpengalaman akan disimpan untuk laga berat melawan Vietnam atau Malaysia.

     

    3 dari 6 halaman

    2. Edo Febriansyah

    Di usia 24 tahun, penggawa Persita Tangerang ini belum pernah merasakan memakai jersey Timnas Indonesia senior. Sekarang dengan namanya dipanggil masuk skuad untuk Piala AFF 2020, Edo berpeluang mencatat debutnya.

    Peluang pemain di posisi belakang ini buat diturunkan Shin Tae-yong pada laga kontra Kamboja mungkin kecil. Namun, bukan berarti kesempatan itu tertutup 100 persen.

    Tetap ada peluang buat Edo merasakan debut di Timnas Indonesia senior. Apalagi lawan yang dihadapi "hanya" Kamboja.

     

    4 dari 6 halaman

    3. Marckho Sandi Merauje

    Pemain asal Papua ini hadir di Piala AFF 2020 bukan sebagai pelengkap. Ia masuk sejak TC dan uji coba Timnas Indonesia di Turki.

    Oleh karena itu, peluangnya untuk merasakan debut di Timnas Indonesia senior dalam pertandingan melawan Kamboja terbilang besar. Bermain di posisi bek sayap kanan, Marckho bisa menjadi alternatif yang bagus entah sebagai starter atau pemain pengganti.

     

    5 dari 6 halaman

    4. Ezra Walian

    Piala AFF 2020 menjadi kesempatan pertamanya memperkuat Timnas Indonesia senior di ajang resmi. Ia pernah turun di SEA Games 2017, namun bersama Timnas Indonesia U-22.

    Setelah itu, Ezra malah tidak bisa memperkuat Timnas Indonesia di ajang apapun. Sebab, ada masalah administrasi terkait proses naturalisasi.

    Namun sekarang, masalah itu sudah selesai dan Ezra bisa membela Timnas Indonesia di ajang resmi. Pemain Persib Bandung ini punya kans besar untuk diturunkan melawan Kamboja.

     

    6 dari 6 halaman

    5. Elkan Baggott

    Elkan Baggott juga punya potensi untuk diturunkan melawan Kamboja. Tapi, kemungkinannya terbilang kecil karena ia baru tiba di Singapura dari Inggris dan sempat lama meninggalkan TC Timnas Indonesia di Turki.

    Oleh karena itu, Shin Tae-yong hampir pasti menyimpannya untuk pertandingan berikutnya. Meski tak menutup kemungkinan Elkan Baggott tetap bisa diturunkan.

    "Elkan itu tidak bisa masuk ke starting eleven. Jadi saya berpikir harus memberikan istirahat kepada Elkan atau cadangan," kata Shin Tae-yong, saat konferensi pers virtual, sehari jelang laga kontra Kamboja.

    Penulis: Fitri Apriani/Bola.net

    Video Populer

    Foto Populer