Sukses


    Jadi Pemain Terbaik Laga Timnas Indonesia Vs Kamboja, Ricky Kambuaya Bersyukur dan Wajib Berbenah

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia meraih kemenangan pada laga pertama Grup B Piala AFF 2020. Skuad Garuda sukses mengatasi Kamboja 4-2 di Stadion Bishan, Singapura, Kamis (9/12/2021) malam WIB.

    Dalam laga ini, Timnas Indonesia membuka keunggulan pada menit keempat lewart sundulan Rachmat Irianto menyambut sepak pojok Evan Dimas. Giliran Evan Dimas mencatatkan namadi papan skor pada menit ke-17.

    Rachmat Irianto kembali mencetak gol keduanya menit ke-33, kembali memanfaatkan sepak pojok yang kali ini dikirimkan oleh Pratama Arhan. Kamboja sempat memperkecil ketertinggalan di menit ke-37 melalui sontekan Yue Safy.

    Usai turun minum, Timnas Indonesia kembali memperbesar keunggulan lewat aksi memukau Ramai Rumakiek menit ke-54. Sayangnya gawang Timnas Indonesia kembali bobol melalui tendangan bebas pemain Kamboja, Prak Mony Udom. Skor 4-2 untuk Timnas Indonesia bertahan hingga laga usai.

    Gelandang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya dinobatkan sebagai pemain terbaik pada pertandingan ini. Piala AFF mengumumkan nama pemain Persebaya Surabaya tersebut dengan rating tertinggi.

     

    2 dari 3 halaman

    Tetap Membumi

    Dalam statistik yang ia catat berdasarkan lapangbola, Kambuaya berhasil melakukan lima kali ball recovery atau menguasai bola secara bebas di tengah lapangan. Jumlah itu yang tertinggi di antara para pemain lainnya, termasuk dari Kamboja.

    Walau tidak ikut mencetak gol, peran Ricky Kambuaya untuk permainan Timnas Indonesia cukup besar. Ricky Kambuaya mendapat kepercayaan bermain penuh selama 90 menit. Ia berhasil menjaga keseimbangan lini tengah, meski sedikit lebih berperan sebagai gelandang serang.

    Usai pertandingan dan mendapat predikat pemain terbaik dalam laga kontra Kamboja, Ricky Kambuaya mengaku sangat bangga dan bersyukur. Namun ia dan rekan-rekannya bertekad tampil  lebih baik pada pertandingan berikutnya.

    “Pertama bersyukur kepada Tuhan atas tiga poin di pertandingan ini untuk masyarakat Indonesia. Kami bersyukur dan berterima kasih, ada beberapa pekerjaan rumah setelah pertandingan tadi. Akan kami perbaiki untuk ke depannya,” jelas Ricky Kambuaya.

    3 dari 3 halaman

    Menjadi Andalan

    Pemain berusia 25 tahun itu mulai mendapat perhatian dari pelatih Shin Tae-yong. Khususnya saat ia diberi kesempatan tampil pada ajang kualifikasi Piala Asia 2022, melawan Chinese Taipei.

    Semenjak itu, Ricky Kambuaya selalu menjadi pilihan untuk memperkuat lini tengah Timnas Indonesia. Termasuk dalam agenda pemusatan latihan sekaligus uji coba di Turki mejelang gelaran Piala AFF 2020 ini.

    Sementara kemenangan atas Kamboja membuat Timnas Indonesia untuk sementara berada di urutan kedua grup B dengan nilai tiga. Selanjutnya, anak asuh Shin Tae-yong akan berhadapan dengan Laos, Minggu (12/12/2021).

    Video Populer

    Foto Populer