Sukses


    5 Pemain Pelapis Timnas Indonesia yang Siap Menggebrak Melawan Laos di Piala AFF 2020

    Bola.com, Singapura - Timnas Indonesia memang berhasil mengawali Piala AFF 2020 dengan kemenangan 4-2 melawan Kamboja, Kamis (9/12/2021). Meski begitu, bukan tak mungkin rotasi pemain akan dilakukan pelatih Shin Tae-yong pada laga selanjutnya.

    Sebanyak 16 pemain diberi kesempatan menunjukkan kemampuan pada laga perdana Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Jumlah tersebut terdiri dari 11 pemain utama dan lima cadangan yang dimainkan secara berangsur selama pertandingan.

    Pelatih Shin Tae-yong dikenal sebagai sosok yang tidak anti dalam melakukan rotasi pemain. Apalagi dalam laga tersebut Shin Tae-yong secara terang-terangan mengungkapkan kritikannya terhadap beberapa aspek permainan Timnas Indonesia.

    "Pasti bisa saya perbaiki ke depan. Timnas Indonesia lama tidak bermain di pertandingan kompetitif, jadi pemain kehilangan fokus dan kebobola," kata Shin Tae-yong.

    "Ini yang menjadi pekerjaan rumah yang mesti saya perbaiki di Timnas Indonesia," ujar pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

    Bola.com mencatat ada beberapa pemain yang tak kalah hebat bisa dijadikan opsi penambah kekuatan Timnas Indonesia pada laga berikutnya melawan Laos, Minggu (12/12/2021). Siapa saja?

    2 dari 6 halaman

    Muhammad Riyandi

    Pelatih Shin Tae-yong bisa memberikan kesempatan pada Muhammad Riyandi pada laga kedua Grup B Piala AFF 2020. Pertimbangannya adalah penampilan Syahrul Trisna pada laga perdana melawan Kamboja.

    Riyandi merupakan kiper dengan insting yang baik dalam membaca arah bola. Selain itu, Riyandi juga sudah berpengalaman tampil di level internasional.

    Memiliki postur 183 cm membuat Riyandi bisa diandalkan dalam menghalau serangan bola udara. Riyandi juga memiliki reflek yang bagus untuk menjaga kesucian gawang Timnas Indonesia.

    3 dari 6 halaman

    Elkan Baggott

    Kebobolan dua gol pada laga pembuka Piala AFF 2020 menjadi sinyal ada masalah di lini pertahanan Timnas Indonesia. Pelatih Shin Tae-yong punya kesempatan untuk membenahinya dengan memainkan Elkan Baggott.

    Elkan Baggott punya peran penting di Timnas Indonesia. Postur tubuh yang dimilikinya yakni hampir 2 meter bisa diandalkan dalam memotong serangan lawan.

    Elkan Baggott sejauh ini sudah mengemas satu penampilan untuk Timnas Indonesia. Menarik untuk menyaksikan kiprah pemain 19 tahun itu di Piala AFF 2020.

    4 dari 6 halaman

    Fachruddin Aryanto

    Fachrudin Aryanto merupakan pemain paling banyak bermain di Piala AFF dalam skuat Shin Tae-yong saat ini. Nama Fachrudin Aryanto tercatat sudah berada pada skuat empat kali Piala AFF.

    Fachrudin Aryanto masuk daftar skuat Piala AFF edisi 2012, 2014, 2016, 2018. Saat ini, Fachruddin masih menjadi andalan pelatih Shin Tae-yong di Piala AFF 2020.

    Fachruddin merupakan bek tangguh yang andal mematikan arus serangan lawan. Secara keseluruhan, pemain Madura United itu telah mengemas 36 penampilan untuk Timnas Indonesia.

    5 dari 6 halaman

    Kadek Agung

    Karier Kadek Agung tergolong cukup unik. Dia bukan pilihan utama di Bali United. Tapi, Kadek Agung selalu menjadi pemain yang dipercaya Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia.

    Kadek Agung adalah gelandang yang lengkap. Dia punya kemampuan bertahan dan menyarang sama baiknya. Pemain 23 tahun juga dibekali finishing yang mumpuni saat punya peluang.

    Pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2020, Kadek Agung sempay mencetak gol ke gawang Thailand. Nah, dia bisa menjadi supersub pada laga melawan Kamboja. 

    6 dari 6 halaman

    Hanis Saghara

    Timnas Indonesia selalu memiliki sejarah panjang dihuni penyerang tengah tajam di Piala AFF 2020. Pada pertandingan pertama, Ezra Walian yang jadi target man belum mampu berkontribusi maksimal untuk skuat Garuda.

    Begitu pula dengan Kushedya Hari Yudo yang dipercaya membantu serangan. Pada laga melawan Laos, pelatih Shin Tae-yong bisa menjajal jasa Hanis Saghara Putra.

    Meskipun usianya masih muda, namun Hanis Saghara merupakan penyerang dengan naluri yang tajam dalam mencetak gol. Hanis Saghara juga andal membuka ruang untuk memungkinkannya dalam memecah kebuntuan.

    Video Populer

    Foto Populer