Sukses


    Piala AFF 2020: Kelebihan dan Kekurangan Kiper Timnas Indonesia Jelang Laga Lawan Vietnam

    Bola.com, Jakarta - Shin Tae-yong memiliki empat kiper yang siap mengawal gawang Timnas Indonesia. Menghadapi Vietnam, ia dihadapkan pada pilihan sulit, apakah berkaca pada kematangan, pengalaman, atau kepercayaan.

    Dalam dua pertandingan awal Grup B Piala AFF 2020, gawang Timnas Indonesia kebobolan tiga gol. Padahal, lawan yang dihadapi adalah Kamboja dan Laos, dua negara yang di atas kertas ada di bawah skuad Garuda.

    Melawan Kamboja pada 9 Desember 2021, Timnas Indonesia kebobolan dua gol. Kemudian menghadapi Laos tiga hari berselang, satu gol bersarang di gawang skuad Garuda.

    Hal itu seperti mengisyaratkan ada masalah di sektor penjaga gawang. Dalam partai melawan Kamboja, kipernya adalah Syahrul Trisna Fadillah, dan menghadapi Laos dijaga oleh Ernando Ari Sutaryadi.

    Pada Rabu (15/12), di Bishan Stadium, Singapura, Timnas Indonesia akan menantang Vietnam. Sang juara bertahan itu merupakan ancaman serius buat pertahanan dan gawang skuad Garuda.

    Itu karena, Vietnam merupakan salah satu tim favorit di Grup B. Dalam dua laga yang sudah dijalani, mereka juga mampu menang, masing-masing atas Laos 2-0 dan Vietnam 3-0.

    Lantas, siapa kiper yang selayaknya diberi kepercayaan oleh Shin Tae-yong untuk laga kontra Vietnam? Apakah kembali menurunkan Syahrul Trisna Fadillah atau Ernando Ari Sutaryadi, atau stok kiper lainnya yaitu Muhammad Riyandi dan Nadeo Argawinata? Berikut ulasannya.

     

    2 dari 4 halaman

    Pilih yang Pengalaman

    Sebelum tampil di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia sempat bertemu Vietnam pada Juni 2021 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G. Ketika itu, kipernya adalah Nadeo Argawinata, yang sekarang juga ada bersama skuad Garuda di Singapura. Saat itu, pasukan Shin Tae-yong kalah telak 0-4.

    Sekarang di Piala AFF 2020, mungkin Shin Tae-yong bisa kembali mempercayakan gawang Timnas Indonesia kepada Nadeo Argawinata. Meski pernah punya pengalaman pahit digelontor empat gol, pengalamannya menghadapi Vietnam bisa menjadi modal positif. Setidaknya, ia sudah belajar dari kekalahan telak pada Juni lalu.

     

    3 dari 4 halaman

    Saatnya Muhammad Riyandi Main

    Sebelum Piala AFF 2020 ini, Shin Tae-yong lebih sering memilih Muhammad Riyandi sebagai kiper utama. Entah saat babak Play-off Kualifikasi Piala AFC 2023 kontra Taiwan, maupun partai uji coba.

    Dalam rangkaian pertandingan itu, Muhammad Riyandi hampir tak tergantikan. Tapi pada dua laga awal Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 kontra Kamboja dan Laos, kiper berusia 21 tahun ini tidak masuk pilihan.

    Apakah, Muhammad Riyandi sengaja disimpan? Kalau begitu, sekarang saatnya kiper milik Barito Putera itu kembali mendapatkan kepercayaan dari Shin Tae-yong untuk mengawal gawang Timnas Indonesia agar terhindar dari "kekejaman" lini serang Vietnam.

     

    4 dari 4 halaman

    Tetap Percaya Ernando

    Pilihan lain untuk kiper Timnas Indonesia saat melawan Vietnam adalah Ernando Ari. Meski kebobolan satu gol dalam partai kontra Laos, performanya tidak buruk-buruk amat.

    Semangatnya juga masih tinggi dan sudah beradaptasi dengan pertandingan di Piala AFF 2020. Oleh karena itu, Shin Tae-yong bisa saja tetap memberi kepercayaan kepada Ernando Ari untuk pertandingan ketiga nanti.

    Video Populer

    Foto Populer