Sukses


    Statistik Menarik Saat Timnas Indonesia Tahan Imbang Vietnam di Piala AFF 2020: Lini Depan Disetel Irit

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia sukses menahan imbang Vietnam tanpa gol 0-0 dalam lanjutan penyisihan grup B Piala AFF 2020, di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12/2021) malam WIB. Hasil yang positif bagi tim Merah-putih tentunya karena masih berada di puncak klasemen.

    Timnas Indonesia mampu membuat frustrasi Vietnam dalam pertandingan ini. Vietnam yang mengontrol penuh jalannya laga, harus puas mengemas skor 0-0 kontra Skuad Garuda.

    Berdasarkan statstik, Vietnam memegang 68 persen penguasaan bola. Namun, dominasi penguasaan bola itu tidak cukup untuk menjebol gawang Timnas Indonesia.

    Vietnam tercatat hanya membukukan satu tendangan mengarah ke gawang. Selebihnya, serangan Vietnam kandas di pertahanan Skuad Garuda yang main rapat dan disiplin sepanjang pertandingan.

    Vietnam yang terus berusaha menyerang malah akhirnya terlihat kebingungan karena upaya mereka selalu kandas. Sebaliknya, Timnas Indonesia sama sekali tidak mencatatkan tendangan ke gawang.

    Hasil imbang tersebut membuat Indonesia tetap bercokol di peringkat pertama klasemen sementara Grup B Piala AFF 2020. Tim besutan Shin Tae-yong mengantongi nilai tujuh, sama dengan Vietnam di peringkat kedua. Namun, Skuad Garuda unggul selesih gol.

    Nasib Indonesia akan ditentukan pada laga terakhir kontra Malaysia. Hasil imbang sudah cukup mengantar Timnas Indonesia ke semifinal.

    Taktik bertahan Timnas Indonesia pada laga kontra Vietnam di Piala AFF 2020, bisa dikatakan cukup berhasil membuat lawan kesulitan. Namun hal yang bertolak belakang harus diterima yaitu jebloknya performa lini depan anak asuh Shin Tae-yong.

     

    2 dari 4 halaman

    Banyak Lari Saja

    Berdasarkan statistik dari lapangbola, selain tidak ada gol yang bisa diciptakan, Timnas Indonesia juga sama sekali tidak memiliki shots on target. Ya, tembakan ke arah gawang tercatat nol, sementara di kubu Vietnam hanya memiliki satu tendangan ke gawang.

    Pelatih Shin Tae-yong langsung menurunkan Ezra Walian sebagai ujung tombak untuk membongkar pertahanan Vietnam. Pemain Persib Bandung itu didampingi oleh Irfan Jaya dan Witan Sulaeman.

    Namun yang terjadi, lini depan skuad Garuda tidak bekerja dengan maksimal. Strategi dari Shin Tae-yong untuk lebih banyak bermain bertahan membuat para penyerang kesulitan mengembangkan permainan.

    “Jujur, lini depan enggak istimewa, banyak lari saja dan tidak ada benar-benar membahayakan pertahanan Vietnam. Kambuaya dan Witan kaya terlihat takut, enggak berani main keras,” terang mantan pemain Timnas Indonesia, Agung Setyabudi dalam penuturannya kepada Bola.com, Rabu malam.

    3 dari 4 halaman

    Bikin Vietnam Frustrasi

    Keberhasilan Timnas Indonesia menahan imbang Vietnam tidak hanya membuat Rachmat Irianto dan kolega masih bertahan di posisi pertama grup B. Namun juga sukses membuat Vietnam frustrasi.

    Lini belakang Timnas Indonesia patut diapresiasi saat menahan imbang Vietnam. Rizky Ridho dkk. berjibaku menyelamatkan pertahanan agar tidak ditembus Nguyen Chon Puong.

    “Secara permainan masih jauh kok dari Vietna. Meski hasil malam ini juga merupakan kemajuan ini bisa menahan Vietnam. Vietnam jadi ikut arus strategi parkir bus Shin Tae-yong,” beber pria asal Solo yang tampil di Piala Asia 2004 sebagai kapten Timnas Indonesia.

    4 dari 4 halaman

    Banyak Lakukan Pelanggaran

    Selain kesulitan untuk menyerang, Timnas Indonesia juga banyak melakukan pelanggaran dalam laga ini. Sebanyak 10 kali pelanggaran diancarkan dan hasilnya harus diganjar empat kartu kuning.

    Dua di antaranya untuk pemain berposisi menyerang, yaitu Evan Dimas dan Yabes Roni yang baru masuk pada paruh kedua. Menurut Agung Setyabudi, hal itu lumrah dilakukan mengingat Vietnam punya power dan stamina lebih.

    Catatan lain yang cukup positif adalah jumlah operan yang dilakukan Asnawi Mangkualam dan rekan-rekannya. Sebanyak 246 operan sukses dilancarkan dari 326 percobaan, hal itu tentu menjadi bahan evaluasi sebelum bentrok dengan Malaysia.

    “Mau nyerang bagaimana lha wong taktik Shin Tae-yong sangat terlihat bahwa targetnya adalah ingin menahan imbang Vietnam,” tegas pemilik 53 penampilan untuk Timnas Indonesia itu.

    Video Populer

    Foto Populer