Sukses


    Piala AFF 2020: Mengintip Skenario Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Andai Kalah dari Malaysia di Laga Terakhir

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia berhasil mencuri satu poin kala berhadapan dengan Vietnam dalam lanjutan babak penyisihan grup B Piala AFF 2020. Skuad Garuda menahan imbang 0-0 Vietnam di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12/2021) malam WIB.

    Hasil yang positif bagi tim Merah-putih tentunya karena masih berada di puncak klasemen. Sekaligus menghidupkan peluang yang lebih besar untuk lolos ke babak semifinal.

    Hasil imbang tersebut membuat Timnas Indonesia tetap bercokol di peringkat pertama klasemen sementara Grup B Piala AFF 2020. Tim besutan Shin Tae-yong mengantongi nilai tujuh, sama dengan Vietnam di peringkat kedua. Namun, Skuad Garuda unggul selesih gol.

    Nasib Indonesia akan ditentukan pada laga kontra Malaysia. Hasil imbang sudah cukup mengantar Timnas Indonesia ke semifinal. Mengingat Malaysia sudah kalah satu kali yakni dari Vietnam 0-3, sementara Timnas Indonesia sejauh ini belum menelan kekalahan.

    Sementara, Malaysia ada di posisi ketiga dengan enam poin. TimnasIndonesia, Vietnam, dan Malaysia masih punya peluang lolos ke semifinal Piala AFF. Namun hanya ada dua tim peringkat teratas grup yang lolos. Artinya, satu dari tiga tim tersebut akan tersingkir.

    Pada laga terakhir Grup B, Indonesia akan berjumpa Malaysia, Minggu (19/12/2021). Sementara, Vietnam akan berjumpa Kamboja. Menarik untuk disimak bagaimana skenario lolos ke babak semifinal bagi Timnas Indonesia? Simak ulasannya di bawah ini:

     

    2 dari 4 halaman

    Menang Atas Malaysia

    Menang atas Malaysia menjadi target utama Timnas Indonesia pada laga terakhir Grup B Piala AFF 2020 ini. Lebih dari sekadar tiga poin dan lolos ke semifinal, tapi juga demi gengsi antarnegara.

    Indonesia akan lolos ke semifinal, dan punya peluang menjadi juara grup, jika menang atas Malaysia. Kemenangan juga akan membuat Indonesia membuka pintu keluar bagi Malaysia dari Piala AFF.

    Nantinya, entah sebagai juara grup atau runner-up, Indonesia sudah dinanti dua lawan sulit. Lawan yang akan dihadapi di semifinal adalah Thailand atau Singapura.

    3 dari 4 halaman

    Imbang Kontra Malaysia

    Hasil imbang melawan Vietnam punya arti yang penting. Tambahan satu poin ini bisa membedakan nasib Indonesia dan Malaysia. Sebab, Malaysia kalah 3-0 saat berjumpa Vietnam.

    Imbang melawan Malaysia adalah target minimal yang perlu dicapai Indonesia jika ingin lolos ke semifinal. Sebab, jika bermain imbang, maka poin Indonesia akan menjadi delapan.

    Indonesia akan unggul dua poin dari Malaysia. Indonesia akan lolos sebagai runner-up Grup B jika Vietnam menang atas Kamboja.

    4 dari 4 halaman

    Kalah dari Malaysia

    Ini adalah skenario paling buruk yang mungkin dihadapi Timnas Indonesia di Piala AFF. Sebab, jika Indonesia kalah dari Malaysia, maka peluang lolos ke semifinal ada di tangan Vietnam.

    Jika Indonesia kalah, maka poin yang didapat akan tetap tujuh. Sementara, Malaysia akan mendapat sembilan poin dan lolos ke semifinal.

    Indonesia bisa lolos ke semifinal sebagai runner-up Grup B jika Vietnam kalah dari Kamboja. Nantinya, kedua tim akan punya poin tujuh dan Indonesia unggul selisih gol. Tapi pertanyaannya, apakah Vietnam akan kalah dari tim semenjana seperti Kamboja?

    Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 16/12/2021)

    Video Populer

    Foto Populer