Sukses


    Punya Persiapan Tak Sematang Timnas Indonesia, Pelatih Malaysia Memaklumi Hasil Buruk di Piala AFF 2020

    Bola.com, Singapura - Pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe, memaklumi hasil buruk yang diraih timnya di Piala AFF 2020. Menurut Tan Cheng Hoe, timnya tak punya persiapan matang seperti Timnas Indonesia dan Vietnam.

    Malaysia harus angkat koper duluan dari Piala AFF 2020 setelah kalah 1-4 dari Timnas Indonesia, Minggu (19/12/2021). Kekalahan ini membuat Malaysia hanya mengumpulkan enam poin dari empat pertandingan.

    Malaysia mencatatkan dua kemenangan dan dua kekalahan di Piala AFF 2020. Pelatih Tan Cheng Hoe sudah memprediksi nasib buruk timnya pada turnamen kali ini sejak punya persiapan yang sebentar yakni selama kurang dari dua pekan.

    "Vietnam dan Timnas Indonesia memiliki persiapan yang bagus. Mereka memiliki pemusatan latihan yang bagus sehingga bisa mempersiapkan timnya," kata Tan Cheng Hoe dalam konferensi pers usai laga.

    Pada laga yang digelar di National Stadium itu, Malaysia sebenarnya berhasil unggul lebih dulu pada menit ke-13 melalui aksi Kogileswaran Raj. Namun, Timnas Indonesia kemudian bereaksi dengan membalikkan keadaan melalui dua gol Irfan Jaya pada menit ke-36' dan 43'.

    Pada babak kedua, Timnas Indonesia semakin tak terbendung. Pasukan Shin Tae-yong menambah dua gol melalui Pratama Arhan (50') dan Elkan Baggott (82').

    "Sayangnya, kami tidak punya persiapan yang bagus. Sehingga kami harus mencari cara agar bisa bersaing di turnamen ini," ucap Tan Cheng Hoe.

    2 dari 5 halaman

    Timnas Indonesia Juara Grup B

    Kemenangan atas Malaysia membuat Timnas Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF 2020 dengan status juara Grup. Pasukan Shin Tae-yong mengoleksi 10 poin hasil empat kali bermain.

    Timnas Indonesia sebenarnya memiliki poin yang sama dengan Vietnam. Namun, Timnas Indonesia unggul selisih gol dari Vietnam yang juga lolos melalui jalur runner-up.

    Pada laga semifinal Piala AFF 2020, Timnas Indonesia akan menghadapi tim tuan rumah, Singapura. Pertandingan akan digelar di National Stadium pada 22 dan 25 Desember 2021.

    3 dari 5 halaman

    Lebih Efektif

    Timnas Indonesia sebenarnya hanya memiliki 48 persen penguasaan bola. Namun, Asnawi Mangkualam dkk tercatat lebih efektif dalam mengkreasikan peluang.

    Timnas Indonesia mendapatkan 15 peluang yang tujuh di antaranya akurat. Adapun Malaysia gagal memanfaatkan dominasi penguasaan bola yakni 52 persen.

    Pasukan Tan Cheng Hoe hanya mendapatkan enam peluang. Dari jumlah tersebut tiga di antaranya akurat.

    4 dari 5 halaman

    Statistik Malaysia vs Timnas Indonesia

    Malaysia vs Timnas Indonesia

    • Shots: 7 - 23
    • Shots on target: 3 - 7
    • Penguasaan bola: 53% - 47%
    • Operan: 312 - 278
    • Akurasi operan: 71% - 72%
    • Pelanggaran: 9 - 15
    • Kartu Kuning: 1 - 3
    • Offsides: 1 - 1
    • Sepak pojok: 3 - 9
    5 dari 5 halaman

    Klasemen Akhir Fase Grup Piala AFF 2020

     
     
     
    View this post on Instagram

    A post shared by Bola.com (@bolacomid)

    Video Populer

    Foto Populer