Sukses


    Duel Malaysia Vs Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 Diwarnai Banyak Kontak Fisik, Tan Cheng Hoe: Namanya Juga Main Bola

    Bola.com, Singapura - Pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe, enggan mengomentari duel panas melawan Timnas Indonesia yang diwarnai dengan banyak kontak fisik. Tan Cheng Hoe menganggap situasi itu normal dalam sepak bola.

    Pada pertandingan yang digelar di National Stadium, Minggu (19/12/2021), Malaysia dipaksa menyerah 1-4 dari Timnas Indonesia. Malaysia sebenarnya berhasil unggul lebih dulu pada menit ke-13 melalui aksi Kogileswaran Raj.

    Namun, Timnas Indonesia kemudian bereaksi dengan membalikkan keadaan melalui dua gol Irfan Jaya pada menit ke-36 dan 43'. Pada babak kedua, Timnas Indonesia makin tak terbendung dengan menambah dua gol melalui Pratama Arhan (50') dan Elkan Baggott (82').

    Pertandingan memang berjalan panas dan banyak terjadi kontak fisik. Timnas Indonesia tercatat melakukan 15 pelanggaran, sedangkan Malaysia melakukan sembilan pelanggaran.

    "Sepak bola selalu tentang kontak fisik untuk bersaing. Anda selalu membutuhkannya untuk berduel satu lawan satu sehingga itu bagian dari pertandingan. Saya tidak ingin mengomentari itu," kata Tan Cheng Hoe dalam konferensi pers usai laga.

    Pelatih Tan Cheng Hoe ternyata menginstruksikan kepada pemainnya agar tetap tenang dan tidak terpancing permainan kasar Timnas Indonesia. Saran itu dapat diterima pemain sehingga hanya ada satu kuning untuk Malaysia dan tiga untuk Timnas Indonesia.

    "Saran saya kepada pemain selalu bermain sesuai dengan situasi dan menerima segala yang terjadi. Kami harus tetap tenang saat bermain karena itu normal dalam sepak bola," tegas pelatih 53 tahun itu.

    2 dari 4 halaman

    2 Penyebab Kekalahan

    Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, juga menyayangkan kekalahan telak 1-4 dari Timnas Indonesia. Tan Cheng Hoe menilai, ada dua penyebab utama dari kekalahan timnya itu.

    Kekalahan ini membuat Malaysia dipastikan tersingkir dari Piala AFF 2020, sedangkan Timnas Indonesia lolos ke semifinal. Pelatih Tan Cheng Hoe menilai timnya kesulitan mengembangkan permainan setelah Tim Garuda melakukan serangan secara masif.

    "Para pemain kami bermain baik pada 15 menit pertama dan mencetak gol lebih dulu. Akan tetapi, saya rasa para pemain gagal menangani intensitas dan pressing dari Indonesia," kata Tan Cheng Hoe dalam konferensi pers setelah laga.

    Selain itu, Tan Cheng Hoe juga menilai absennya Aidil Zafuan dan Shahrul Saad sangat berpengaruh di lini belakang Malaysia. Tan Cheng Hoe berharap Malaysia segera bangkit dan melupakan kekalahan memalukan dari Timnas Indonesia.

    "Jelas absennya Aidil Zafuan dan Shahrul Saad memengaruhi stabilitas di sisi pertahanan. Secara keseluruhan kami sangat kecewa dengan kekalahan ini dan harus segera bangkit," ucap Tan Cheng Hoe.

    3 dari 4 halaman

    Timnas Indonesia Juara Grup B

    Kemenangan atas Malaysia membuat Timnas Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF 2020 dengan status juara Grup. Pasukan Shin Tae-yong mengoleksi 10 poin hasil empat kali bermain.

    Timnas Indonesia sebenarnya memiliki poin yang sama dengan Vietnam. Namun, Timnas Indonesia unggul produktivitas gol, setelah selisih golnya sama-sama plus 9, dari Vietnam yang juga lolos melalui jalur runner-up.

    Pada laga semifinal Piala AFF 2020, Timnas Indonesia akan menghadapi tim tuan rumah, Singapura. Pertandingan akan digelar di National Stadium pada 22 dan 25 Desember 2021.

    4 dari 4 halaman

    Klasemen Akhir Grup Piala AFF 2020

     
     
     
    View this post on Instagram

    A post shared by Bola.com (@bolacomid)

    Video Populer

    Foto Populer