Sukses


    Timnas Indonesia Bungkam Malaysia di Laga Pamungkas Grup B Piala AFF 2020, Fachruddin Aryanto: Perjuangan Belum Berakhir

    Bola.com, Singapura - Timnas Indonesia menjadi juara Grup B Piala AFF 2020 dengan koleksi 10 poin. Kemenangan 4-1 atas Malaysia di Nasional Stadium, Kallang, Singapura, Minggu (19/12/2021), memastikan Tim Garuda melangkah ke semifinal sebagai juara grup.

    Empat gol Timnas Indonesia lahir dua kali dari kaki Irfan Jaya pada menit ke-36 dan 43', Pratama Arhan pada menit ke-50, dan Elkan Baggott pada menit ke-82. Malaysia sebenarnya unggul lebih dulu lewat gol Kogileswaran Raj yang lahir pada menit ke-13.

    Stoper Timnas Indonesia, Fachrudin Aryanto, mengingatkan bahwa perjuangan timnya di Piala AFF 2020 masih belum berakhir. Status tidak terkalahkan di fase grup harus berlanjut di fase gugur.

    "Perjuangan belum berakhir. Nikmati kemenangan ini dan keberhasilannya. Setelah ini, harus fokus semifinal. Doakan terus perjuangan kami," ujar bek Timnas Indonesia yang menjabat sebagai kapten Madura United itu.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 4 halaman

    Penampilan Luar Biasa

    Apa yang ditunjukkan oleh Timnas Indonesia saat melawan Malaysia ini sangat luar biasa. Dari catatan penguasaan bola, kedua tim bermain relatif berimbang. Namun, serangan yang dilakukan oleh Timnas Indonesia lebih banyak.

    Permainan menyerang yang diperagakan oleh Irfan Jaya dkk juga cukup apik. Upaya serangan hampir selalu berujung pada tembakan. Sebaliknya, mereka bermain bertahan dengan solid setelah sempat kebobolan lebih dulu.

    Bahkan dari empat gol yang tercipta dalam laga tersebut, dua terakhir dicetak oleh pemain yang berposisi sebagai pengawal lini pertahanan, yaitu Pratama Arhan dan Elkan Baggott. Ini menjadi bukti bagaimana soliditas Tim Garuda dalam bermain bersama saat bertahan maupun menyerang.

     

    3 dari 4 halaman

    Paling Produktif

    Sebelum kemenangan atas Malaysia, skuat Garuda memetik hasil yang cukup apik di Grup B. Mereka berhasil unggul 4-2 atas Kamboja yang dilanjutkan 5-1 kontra Laos. Selain itu, Timnas Indonesia bermain imbang 0-0 melawan Vietnam.

    Perolehan poin skuat Garuda sebenarnya sama dengan Vietnam. Selisih gol juga sama-sama sembilan. Namun, Timnas Indonesia berhak di posisi atas karena unggul produktivitas gol, yakni 13 berbanding sembilan.

    Tim arahan Shin Tae-yong itu juga berstatus sebagai kontestan paling produktif dalam urusan mencetak gol di Piala AFF 2020. Dalam empat laga, Evan Dimas dkk. mampu memasukkan 13 gol.

    Berikutnya, Timnas Indonesia akan bersua dengan tuan rumah Singapura di laga semifinal. Pertandingan akan digelar dua leg pada Rabu (22 Desember) dan Sabtu (25 Desember) di Stadion Nasional, Kallang, Singapura.

    4 dari 4 halaman

    Klasemen Piala AFF 2020

     
     
     
    View this post on Instagram

    A post shared by Bola.com (@bolacomid)

    Video Populer

    Foto Populer