Sukses


    Malaysia Dipermalukan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Nasib Tan Cheng Hoe dalam Bahaya

    Bola.com, Singapura - Malaysia mencatatkan rapor merah di Piala AFF 2020 setelah gagal lolos ke semifinal. Situasi itu sekaligus menyeret nasib pelatih Tan Cheng Hoe.

    Malaysia angkat koper lebih dulu dari Piala AFF 2020 setelah diganyang 1-4 oleh Timnas Indonesia pada laga pamungkas Grup B, Minggu (19/12/2021). Kekalahan itu membuat Malaysia finis di peringkat ketiga klasemen akhir.

    Skuad berjulukan Harimau Malaya hanya mengoleksi enam poin dari empat laga. Rinciannya adalah dua kali menang dan dua kali kalah.

    Tersingkir lebih dulu dari Piala AFF 2020 apalagi karena kalah dari Timnas Indonesia dipastikan membuat publik geram. Tan Cheng Hoe diminta untuk bertanggung jawab atas penampilan buruk Safawi Rasid dkk.

    Menurut laporan Vocket FC, nasib pelatih Tan Cheng Hoe kini dalam bahaya. Meskipun masih punya kontrak sampai November 2022, namun Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) bakal melakukan evaluasi kinerja pelatih 53 tahun tersebut.

    Tan Cheng Hoe diperkenalkan sebagai pelatih Malaysia pada 2017. Sejauh ini, Malaysia asuhan Tan Cheng Hoe meraih 20 kemenangan, empat kali imbang, dan 16 kali kalah pada semua ajang.

    2 dari 4 halaman

    Minim Persiapan

    Pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe, memaklumi hasil buruk yang diraih timnya di Piala AFF 2020. Menurut Tan Cheng Hoe, timnya tak punya persiapan matang seperti Timnas Indonesia dan Vietnam.

    "Vietnam dan Timnas Indonesia memiliki persiapan yang bagus. Mereka memiliki pemusatan latihan yang bagus sehingga bisa mempersiapkan timnya," kata Tan Cheng Hoe.

    "Sayangnya, kami tidak punya persiapan yang bagus. Sehingga kami harus mencari cara agar bisa bersaing di turnamen ini," ucap Tan Cheng Hoe.

    3 dari 4 halaman

    2 Penyebab

    Tan Cheng Hoe juga menilai, ada dua penyebab dasar Malaysia harus mengakui kekalahan telak dari Timnas Indonesia. Penyebab-penyebab itu membuat Malaysia akhirnya harus tersingkir lebih dulu dari Piala AFF 2020.

    "Para pemain kami bermain baik pada 15 menit pertama dan mencetak gol lebih dulu. Akan tetapi, saya rasa para pemain gagal menangani intensitas dan pressing dari Indonesia," kata Tan Cheng Hoe.

    Selain itu, Tan Cheng Hoe juga menilai absennya Aidil Zafuan dan Shahrul Saad sangat berpengaruh di lini belakang Malaysia. Tan Cheng Hoe berharap Malaysia segera bangkit dan melupakan kekalahan memalukan dari Timnas Indonesia.

    "Jelas absennya Aidil Zafuan dan Shahrul Saad memengaruhi stabilitas di sisi pertahanan. Secara keseluruhan kami sangat kecewa dengan kekalahan ini dan harus segera bangkit," ucap Tan Cheng Hoe.

    4 dari 4 halaman

    Jadwal Lengkap Semifinal Piala AFF 2020

     
     
     
    View this post on Instagram

    A post shared by Bola.com (@bolacomid)

    Video Populer

    Foto Populer