Sukses


    Semifinal Piala AFF 2020: Gagal Kalahkan Singapura di Leg I, Permainan Timnas Indonesia Menurun Drastis Pada Babak Kedua

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia hanya mampu meraih hasil imbang saat berhadapan dengan tuan rumah Singapura dalam leg pertama semifinal Piala AFF 2020. Kedua tim berbagi angka sama 1-1 di National Stadium, Singapura, Rabu (22/12/2021) malam WIB.

    Timnas Indonesia unggul terlebih dahulu melalui Witan Sulaeman pada babak pertama. Sementara itu gol balasan Singapura tercipta oleh striker andalan mereka, Ikhsan Fandi di babak kedua.

    Di babak pertama, Shin Tae-yong memainkan formasi lima bek. Dengan formasi itu permainan Indonesia terlihat sangat rapi dan kokoh di lini belakang.

    Namun, di awal babak kedua pelatih asal Korea Selatan itu melakukan perubahan. Salah satunya dengan memasukkan Elkan Baggott, Evan Dimas, dan Ezra Walian.

    Perubahan positif yang dinginkan Shin tidak terjadi. Justru gawang Nadeo Argawinata kebobolan setelah Shin melakukan perubahan formasi.

    Hal itu juga dilihat oleh gelandang PSS Sleman, Wahyu Sukarta. Menurutnya, para pemain Singapura tampil jauh lebih tenang di babak kedua.

    "Saya rasa di babak kedua pemain Singapura lebih tenang daripada babak pertama. Keluarnya Rachmat Irianto diganti Evan Dimas juga berpengaruh sih menurutku mas. Tipikal Irianto kan DMF, sedangkan evan dimas CMF," jelas Wahyu kepada Bola.com.

     

     

    2 dari 3 halaman

    Inkonsistensi

    Di laga melawan Malaysia, Indonesia tampil luar biasa. Mereka tampil spartan di sepanjang laga dan berhasil menang dengan skor telak 4-1.

    Wahyu Sukarta melihat sikap spartan itu tidak terlalu terlihat di skuad Indonesia di laga melawan Singapura. Terutama di babak kedua.

    Tak hanya itu, Wahyu juga menyoroti beberapa kesalahan sendiri yang dilakukan oleh beberapa pemain Garuda di laga melawan Singapura tersebut. Kesalahan-kesalahan itu sempat berbuah gol untuk tim lawan.

    "Mungkin di konsistensi, saat lawan Malaysia, Indonesia tampil baik dan spartan dari awal laga hingga akhir. Malam ini timnas Indonesia sebenarnya sudah bermain dengan baik, terutama untuk babak pertama. Sayangnya di babak kedua timnas Indonesia beberapa kali melakukan kesalahan sendiri dan Singapura bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mencetak gol penyeimbang," tandas pemain yang berposisi sebagai gelandang itu.

    3 dari 3 halaman

    Wajib Menang

    Laga leg kedua babak semifinal Piala AFF 2020 antara Indonesia melawan Singapura akan dilangsungkan pada Sabtu (25/12/2021). Venue pertandingan pun sama, yakni Stadion Nasional Singapura.

    Di laga itu, Asnawi Mangkualam dkk harus meraih kemenangan untuk bisa lolos ke babak semifinal. Sebab, di ajang Piala AFF tahun ini, tidak ada perhitungan agregat gol tandang.

    Jadi di laga nanti, kedua tim akan seperti bermain imbang kembali dengan skor 0-0 di awal laga. Tim asuhan Shin Tae-yong perlu memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada di leg pertama agar tidak terulang di leg kedua.

    Video Populer

    Foto Populer