Sukses


    Piala AFF 2020: Saat Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya Sulit Tergantikan di Lini Tengah Timnas Indonesia

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia tengah berjibaku di babak semifinal Piala AFF 2020. Langkah Tim Garuda untuk lolos ke babak final diuji oleh Singapura yang notabene adalah tuan rumahnya.

    Pertarungan untuk leg pertama telah dilalui, saat Timnas Indonesia menahan imbang Singapura 1-1 di National Stadium, Rabu (22/12/2021) malam WIB. Partai menentukan akan dijalani untuk leg kedua di tempat yang sama, Sabtu (25/12/2021).

    Ada hal yang menarik dari penampilan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Pelatih Shin Tae-yong menurunkan formasi sesuai dengan lawan yang dihadapi.

    Ketika berjumpa lawan yang kualitasnya cenderung di bawah Indonesia kualitasnya, sang pelatih menurunkan formasi yang lebih menyerang. Misalnya dengan pola 4-2-3-1 dan 4-3-3 yang ia terapkan saat Indonesia berlaga melawan Kamboja dan Laos.

    Kemudian saat menghadapi tim yang punya kualitas sama kuatnya atau di atas Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memilih formasi lima bek. Hal itu dilakukan saat skuad Garuda berhadapan dengan Malaysia, Vietnam, dan Singapura.

    Namun, ada satu yang tak pernah berubah dari apapun pilihan formasi Shin Tae-yong. Terdapat dua sosok yang tak tergantikan oleh pemain lain di lini tengah Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020 saat ini. Keduanya adalah Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya.

     

    2 dari 3 halaman

    Pengganti Ideal Evan Dimas

    Di dua laga awal Piala AFF 2020, Evan Dimas selalu dimainkan sejak awal. Gelandang Bhayangkara FC itu jadi andalan dan bisa melakukan distribusi bola dengan baik.

    Namun, ketika Indonesia berhadapan dengan lawan yang cenderung seimbang atau lebih kuat, Shin Tae-yong justru mencadangkan Evan. Shin kerap memainkan gelandang 26 tahun itu di awal babak kedua.

    Evan kerap kali menggantikan posisi Rachmat Irianto di babak kedua. Kehadiran Evan di babak kedua biasanya semakin membuat Indonesia tampil lebih menyerang dan membuat repot pertahanan lawan yang sudah kelelahan di sepanjang laga.

    3 dari 3 halaman

    Bakal Dipertahankan

    Pada leg pertama babak semifinal Piala AFF 2020, Timnas Indonesia hanya bisa bermain imbang 1-1 atas Singapura. Penampilan Indonesia mengalami pernurunan di babak kedua.

    Satu di antara penyebabnya adalah perubahan yang dilakukan Shin Tae-yong. Beberapa pemain pengganti seperti Elkan Baggott dan Ezra Walian. Kedua pemain itu tampil tak maksimal.

    Bahkan, sebelum babak kedua selesai, Ezra Walian ditarik keluar lagi dan digantikan posisinya oleh Hanis Saghara Putra.

    Setelah kegagalan itu, akan menarik untuk melihat pilihan formasi yang dipilih Shin Tae-yong di laga leg kedua nanti. Apakah ia akan punya opsi baru atau tetap mempertahankan formasi yang ia percayai selama ini.

    Video Populer

    Foto Populer