Sukses


    Bukti Tangguhnya Asnawi Mangkualam bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

    Bola.com, Singapura - Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam mampu bermain gemilang dalam pertandingan semifinal leg pertama Piala AFF 2020 melawan Singapura. Ia mencatatkan penampilan yang maksimal dalam posisinya sebagai bek kanan.

    Dalam pertandingan yang berlangsung di National Stadium, Singapura, Rabu (22/12/2021), Timnas Indonesia berhasil menahan imbang tuan rumah. Laga berakhir dengan skor 1-1.

    Peran penggawa Ansan Greeners itu dalam pertandingan leg pertama tampak menonjol. Terbukti, gol Timnas Indonesia yang dicetak Witan Sulaeman pada menit ke-28 adalah assist dari Asnawi.

    Gol Timnas Indonesia berawal dari pergerakan di sisi kanan. Asnawi yang maju ke depan sampai kotak penalti, berhasil mengirim umpan matang kepada Witan dan menjadi gol.

    Catatan statistik pemain berusia 22 tahun itu bersama Timnas Indonesia juga menarik. Berikut sajian statistik bermain Asnawi pada leg pertama seperti dirangkum Bola.net dari laman Lapang Bola.

    2 dari 4 halaman

    Operan Sukses

    Bermain 90 menit penuh pada leg pertama, succesful passes yang dicatat Asnawi termasuk tinggi. Dengan pergerakan yang intensif selama pertandingan, mantan pemain PSM Makassar itu mencatat 44 operan sukses.

    Itu menandakan bahwa Asnawi mampu tampil tenang dan jarang melakukan kesalahan mendasar. Sebab, operan dalam sepak bola adalah kunci dari permainan efektif.

    Salah satu operan sukses itu tentu assist yang diberikan buat Witan dan berbuah gol. Pada semifinal leg kedua nanti di National Stadium, Sabtu (25/12), Asnawi diharapkan bisa mempertahankan atau meningkatkan catatan operan sukses tersebut.

    3 dari 4 halaman

    Pelanggaran

    Sebagai pemain belakang, Asnawi dituntut bermain tanpa kompromi. Artinya, ia tak boleh membiarkan lawan mengacak-acak area pertahanan yang ditempatinya.

    Asnawi pun mampu menjawab tuntutan itu. Ia hanya melakukan tiga pelanggaran selama pertandingan.

    Fakta itu memperlihatkan kalau Asnawi mampu tampil bersih. Ia juga bisa bermain kuat sebagai bek dalam mengantisipasi lawan, tetapi tidak kasar.

    4 dari 4 halaman

    Rating

    Laman Lapang Bola memberi rating 6.71 buat Asnawi untuk pertandingan leg pertama melawan Singapura. Nilai itu bisa dikatakan lumayan, karena sudah mendekati 7.

    Asnawi memang layak diberi nilai seperti itu. Sebab, ia mampu mencatatkan operan sukses, asisst, dan pelanggaran minim yang cukup baik.

    Pada leg kedua nanti, diyakini Asnawi akan tetap menjadi kunci permainan Timnas Indonesia. Terutama di sektor bek kanan yang selama ini ditempatinya.

    Video Populer

    Foto Populer