Sukses


    Rapor Fachruddin Aryanto bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020: Konsisten Sejak 2012

    Bola.com, Singapura - Bek Madura United, Fachruddin Aryanto menjadi satu di antara pemain veteran dalam skuad Timnas Indonesia yang berlaga di Piala AFF 2020.

    Total, ia sudah bermain dalam empat pertandingan melawan Laos, Vietnam, Malaysia, dan Singapura.

    Kinerja pemain Madura United ini dalam empat pertandingan tersebut terbilang memuaskan. Pasalnya, Timnas Indonesia tak terkalahkan dalam rangkaian partai itu.

    Sebagai bek berpengalaman yang tampil di Piala AFF 2020, Fachruddin sudah teruji menghadapi tekanan di turnamen ini. Ketenangannya dibutuhkan untuk memperkuat barisan pertahanan, terutama menghadapi lawan-lawan yang setara atau satu tingkat di atas.

    Pemain asal Klaten ini sudah tampil dalam lima edisi Piala AFF. Rinciannya, Piala AFF 2012, 2014, 2016, 2018, dan 2020.

    Berikut ulasan kinerja Fachruddin dalam empat pertandingan yang telah dijalaninya bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Ulasan berdasarkan statistik yang disajikan laman Lapang Bola.

    2 dari 5 halaman

    Timnas Indonesia Vs Laos

    Pada laga pertama Timnas Indonesia di babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020 melawan Kamboja, Fachruddin tidak diturunkan Shin Tae-yong. Ia baru dimainkan saat pertandingan kedua kontra Laos sebagai pemain pengganti.

    Dengan formasi 4-1-4-1, Fachruddin dimasukkan pada menit ke-71 menggantikan Rizky Ridho, dan setelah itu menjadi duet bek tengah Alfeandra Dewangga. Hasilnya, Timnas Indonesia menang 5-1 dalam pertandingan ini.

    Fachruddin mencatatkan successful passes 12 kali dan pelanggaran satu kali. Rating yang diberikan adalah 6,1.

    3 dari 5 halaman

    Timnas Indonesia Vs Vietnam

    Laga berikutnya menghadapi Vietnam, Fachruddin menjadi starter. Ia bermain penuh 90 menit dalam skema tiga bek tengah yang diterapkan tim pelatih.

    Fachruddin ambil bagian dalam trio bek tengah bersama Alfeandra Dewangga dan Rizky Ridho. Kolaborasi mereka di jantung pertahanan membuat Vietnam mati kutu tak bisa mencetak gol, dan laga berakhir imbang 0-0.

    Di laga ini, Fachruddin mampu bermain maksimal. Ia melakukan 33 successful passes dan tanpa pelanggaran sehingga diberikan nilai 6.86.

    4 dari 5 halaman

    Timnas Indonesia Vs Malaysia

    Pada pertandingan ini, Shin Tae-yong memakai formasi 4-4-1-1. Fachruddin menggalang poros bek tengah bersama Alfeandra Dewangga.

    Hasilnya, Timnas Indonesia berhasil menang 4-1, setelah tertinggal 0-1 terlebih dahulu. Fachruddin mampu bermain tenang dalam pertandingan ini.

    Tercatat, 16 kali successful passes dengan melakukan pelanggaran sebanyak dua kali. Laman Lapang Bola memberinya nilai 6.12 di pertandingan ini.

    5 dari 5 halaman

    Timnas Indonesia Vs Singapura

    Kembali Fachruddin bermain penuh dalam pertandingan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Kali ini menghadapi Singapura pada babak semifinal leg pertama.

    Ia menjadi bagian dari trio bek tengah yang dipasang Shin Tae-yong. Blok pertahanan diisi Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, dan Rizky Ridho yang kemudian diganti Elkan Baggott usai turun minum.

    Pada pertandingan yang berlangsung dalam tempo tinggi itu, Fachruddin melepaskan 16 kali successful passes dan satu kali pelanggaran. Ia mendapat nilai 6.06. (Fitri Apriani)

    Video Populer

    Foto Populer