Sukses


    Seperti Asnawi di Piala AFF 2020, 3 Bintang Dunia Ini Juga Pernah Lakukan Sikap Tak Sportif

    Bola.com, Jakarta - Asnawi Mangkualam mendadak ramai diperbincangkan usai aksinya saat membela Timnas Indonesia pada semifinal Piala AFF 2020 kontra Singapura, Sabtu (25/12/2021). Ia terlihat mengejek Faris Ramli usai gagal mengeksekusi penalti.

    Istilah kekinian yang tepat menggambarkan tindakan Asnawi Mangkualam adalah s*ithousery. Aksi tersebut memang menuai pro dan kontra. Sebagian orang menilainya tidak etis, tapi tak sedikit yang menganggap itu sebagai drama biasa dalam sepak bola.

    Belakangan dilaporkan bahwa pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, marah besar dengan sikap yang ditunjukkan Asnawi Mangkualam. Ancaman pencoretan bahkan muncul karena dianggap tidak sportif dan mencederai nilai fair play.

    Memang tak diketahui secara spesifik apa yang dikatakan Asnawi kepada Faris Ramli. Namun, Shin Tae-yong tetap tak membenarkan perilaku pemain Ansan Greeners itu.

    "Saya tidak melihat kejadian itu di stadion, akan tetapi saya terkejut ketika melihat video rekaman setelah pertandingan. Setelah makan siang kemarin, saya langsung memarahi Asnawi," kata Shin Tae-yong seperti dikutip The JoongAng.

    "Saya katakan jika itu terjadi sekali lagi saat saya melatih Timnas Indonesia, jangan pernah berpikir untuk main di tim ini lagi," tegas Shin Tae-yong.

    Terlepas dari polemik tersebut, s*ithousery seperti yang dilakukan Asnawi Mangkualam ternyata pernah dilakukan oleh bintang sepak bola dunia, mulai dari Martin Keown sampai Neven Subotic.

     

    2 dari 4 halaman

    Neven Subotic

    Kejadian ini berlangsung pada 2012, ketika Borussia Dortmund menghadapi Bayern Munchen. Arjen Robben yang jadi korban.

    Robben yang kala itu hendak menendang penalti sudah mendapatkan tekanan mental dari Subotic. Ketika ia gagal mengeksekusi, Subotic langsung berteriak tepat di depan muka Robben.

    Robben tak merespons ejekan tersebut seraya menyesali kegagalannya. Usai pertandingan pun kedua pemain sama-sama bersalaman dan menyudahi rivalitas selama 90 menit.

     

    3 dari 4 halaman

    Martin Keown

    Mungkin inilah insiden s*ithousery paling fenomenal dalam sejarah Liga Inggris. Momen tersebut juga jadi penambah panasnya rivalitas antara Arsenal dan Manchester United.

    Dalam sebuah pertandingan genting di Old Trafford, Manchester United mendapatkan penalti pada menit-menit akhir. Ruud van Nistelrooy yang menjadi eksekutor gagal melakukan tugasnya karena bola mengenai mistar gawang.

    Martin Keown dan beberapa pemain Arsenal lainnya langsung menghampiri Nistelrooy sambil mengeluarkan kata-kata provokatif, bahkan mendorong striker asal Belanda tersebut.

     

    4 dari 4 halaman

    Jamie Vardy

    Berbeda dengan Subotic dan Keown, s*ithousery yang dilakukan Jamie Vardy tidak melibatkan penalti. Penyerang Leicester City itu menunjukkan gestur menyindir baik kepada pemain, pelatih, hingga suporter lawan.

    Ada beberapa aksi yang ia lakukan, di antaranya menyuruh Pepe Reina diam, meniru gaya elang saat menghadapi Crystal Palace, hingga ucapan eksplosif usai memecahkan rekor Nistelrooy.

    Namun yang paling dikenang adalah ketika menirukan auman anjing atau serigala saat bersua Wolverhampton. Itu dilakukannya untuk menyindir elemen Wolves, yang merupakan 'rumah' bagi para pemburu hewan liar.

    Video Populer

    Foto Populer