Sukses


    Jarang Masuk Skuad Jong Utrecht, Bagaimana Peluang Bagus Kahfi Dipanggil Timnas Indonesia U-23 ke Piala AFF U-23 2022?

    Bola.com, Jakarta - Bagus Kahfi mulai jarang menghuni skuad Jong Utrecht. Dia menghilang dalam enam partai terakhir tim U-23 FC Utrecht tersebut di Eerste Divisie atau kasta kedua Liga Belanda.

    Sebenarnya, start Bagus Kahfi bersama Jong Utrecht cukup menjanjikan. Seusai absen dalam tiga pertandingan awal, ia mulai dimainkan meski hanya tiga menit.

    Bagus Kahfi turut membawa Jong Utrecht mengalahkan SC Telstar dengan skor 3-0 pada 27 Agustus 2022.

    Status penyerang berusia 19 tahun itu lalu naik turun, terkadang masuk skuad kadang tidak. Dia juga mendapatkan panggilan ke Timnas Indonesia U-23 untuk melawan Australia U-23 dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 pada Oktober 2021.

    Sepulangnya dari Timnas Indonesia, Bagus Kahfi sempat masuk daftar susunan pemain (DSP) Jong Utrecht ketika dibabat FC Eindhoven 0-6 pada 5 November 2021.

    Enam partai setelahnya, Bagus Kahfi menghilang bak ditelan bumi. Dia tidak masuk DSP Jong Utrecht hingga libur musim dingin Eerste Divisie dimulai 21 Desember 2021.

    2 dari 3 halaman

    Jawaban Tim Pelatih Timnas Indonesia

    Tidak ada kabar terkait terpinggirkannya Bagus Kahfi dari skuad Jong Utrecht. Nihil informasi juga perihal kemungkinan dirinya mengalami cedera.

    Secara keadaan, situasi Bagus Kahfi tentu tidak mengenakkan. Dia butuh menit bermain untuk mengembalikan performanya pasca-cedera parah dan menjaga tempatnya di Timnas Indonesia U-23.

    Dalam waktu dekat, Timnas Indonesia U-23 akan berkancah di Piala AFF U-23 pada Februari 2022 di Kamboja. Mungkinkah Bagus Kahffi dipanggil berdasarkan kondisinya saat ini?

    "Dilihat saja nanti. Mohon ditunggu," kata Nova Arianto, asisten pelatih Timnas Indonesia U-23 ketika ditanya perihal kemungkinan memanggil Bagus Kahfi.

    Ketika diberikan kesempatan pada Kualifikasi Piala Asia U-23, Bagus Kahfi tidak memanfaatkannya dengan baik. Dia mandul ketika Timnas Indonesia U-23 kalah 2-4 secara agregat dari Australia U-23.

    Bagus Kahfi dimainkan sebagai starter pada leg pertama. Dalam pertemuan kedua, ia masuk sebagai pengganti. Ironisnya, baru juga bermain beberapa menit, ia ditarik keluar oleh pelatih Shin Tae-yong.

    3 dari 3 halaman

    Kombinasi Skuad Timnas Indonesia U-23

    Skuad Timnas Indonesia U-23 berisikan kombinasi tiga timnas level usia, timnas senior, timnas U-23, dan timnas U-18.

    Para pemain dari timnas senior berasal dari Piala AFF 2020, sedangkan timnas U-18 merujuk dari pemusatan latihan di Turki pada November 2021.

    Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sudah memastikan tidak akan melibatkan pemain luar negeri di Piala AFF U-23 dan memprioritaskan pemain dalam negeri.

    "Skuad Timnas Indonesia U-23 rencananya akan diambil dari tim di Piala AFF, Kualifikasi Piala AFC U-23 2022, dan timnas U-18 yang menggelar pemusatan latihan di Turki. Dilihat saja nanti perkembangannya seperti apa," ujar Nova.

    Video Populer

    Foto Populer