Sukses


    Profil Tim Peserta Piala AFF U-23 2022, Laos: Kuda Hitam Meski Minim Pengalaman

    Bola.com, Jakarta - Timnas Laos kerap kali dianggap sebagai kuda hitam di setiap gelaran sepak bola level Asia Tenggara. Meski tim ini juga kerap jadi lumbung gol bagi lawannya.

    Tapi beberapa kali Laos juga bisa tampil mengejutkan dengan menahan atau mengalahkan tim yang dinilai ada di atas mereka.

    Namun, Laos punya sesuatu yang bisa ditampilkan di ajang Piala AFF U-22 2022. Skuad berjuluk Million Elephants itu bisa dikatakan diisi pemain yang berpengalaman.

    Michael Weiss, pelatih Laos U-23, membawa 12 pemain yang tampil di Piala AFF 2020 yang lalu. Mereka ini diharapkan bisa menjadi pembimbing bagi pemain muda yang belum punya jam terbang mumpuni.

    Di ajang Piala AFF U-23 2022, Laos bakal jadi salah satu lawan yang dihadapi Indonesia U-23. Laos ada di Grup B pada Piala AFF U-23 2022.

    Selain dengan Indonesia, Laos juga bakal bersaing dengan dua negara yang lain di Piala AFF U-23 tahun ini. Mereka adalah Malaysia dan Myanmar.

     

    2 dari 5 halaman

    Minim Jam Terbang

    Laos baru sekali ikut serta di Piala AFF U-23. Satu-satunya keikutsertaaan Laos di ajang itu terjadi di Thailand pada tahun 2005 saat Thailand jadi tuan rumah.

    Saat itu, Laos ada di Grup B. Bersama dengan Thailand, Singapura, dan Kamboja. Di ajang itu, Laos hanya bisa sampai babak fase grup.

    Di klasemen akhir grup B, tim berlogo gajah itu hanya bisa mengumpulkan tiga poin dari tiga laga. Mereka pun terhenti di babak fase grup.

    Di edisi tahun 2019, Laos sebenarnya bakal ikut serta. Namun, mereka mengundurkan diri sebelum turnamen itu digelar.

    3 dari 5 halaman

    Pelatih

    Laos punya pelatih baru dalam diri Michael Weiss. Pria kelahiran Jerman itu tidak hanya menukangi Timnas senior Laos, tapi juga Laos U-23.

    Michael Weiss baru bekerja sebagai pelatih Laos sejak awal tahun lalu. Pria berusia 56 tahun ini memiliki latar belakang yang menarik.

    Ia sudah mengawali karier di dunia kepelatihan pada tahun 2001 lalu. Saat itu ia menjadi asisten pelatih di Kyoto Purple Sanga.

    Pengalaman Michael Weiss dalam melatih tim nasional juga tak bisa dianggap enteng. Ia pernah menukangi Monglia, Filupina. Bahkan ia pernah menjabat sebagai direktur teknik Rwanda.

    4 dari 5 halaman

    Pemain Kunci

    Laos belakangan punya pemain-pemain muda yang menarik. Di ajang Piala AFF U-23 tahun ini mereka pun disertakan, salah satunya adalah Chony Wenpaserth.

    Pemain 19 tahun ini sudah masuk skuad Laos senior sejak tahun 2021. Chony beberapa kali membobol gawang Timnas Indonesia level usia.

    Pada Piala AFF U-15 2017 misalnya, Chony menjadi aktor yang membuat Timnas U-16 kalah 2-3. Ia juga turut membuka peluang saat Timnas U-19 menang 2-1 atas Laos di Piala AFF U-18 2019.

    5 dari 5 halaman

    Skuad Laos di Piala AFF U-23 2022

    1. Seeamphone Sengsavang

    2. Keo-Oudone Souvannasangso

    3. Phounin Xayyasone

    4. Bounpheng Khaophoumy

    5. Phoutthavong Sangvilay

    6. At Viengkham

    7. Kaithong Faiykhao

    8. Thilaphon Pathhammavong

    9. Nalongsit Chanhthalangsy

    10. Channichone Chanthavong

    11. Phetdavanh Somsanid

    12. Inthachuk Sisouphan

    13. Thanouthong Kietnalonglop

    14. Damoth Thongkhamsavath

    15. Kouaycheng Nouphakdy

    16. Bounmy Pinkeo

    17. Phouvieng Phounsavath

    18. Thongsapai Pinnalon

    19. Anusak Luang Amart

    20. Vongphachanh Phouthavong

    21. Chanthavixay Khounthoumphone

    22. Khonesavanh Keonuchanh

    23. Thipphachan Khambaione

    24. Bounphachan Bounkong

    25. Chony Wenpaserth

    26. Souksakone Bongpaivan

    27. VisithBounpaserth

    Video Populer

    Foto Populer