Sukses


    9 Negara Besar yang Pernah Merana Absen di Piala Dunia: Tenang Saja, Italia Enggak Sendirian Kok

    Bola.com, Jakarta - Sebanyak 29 negara sudah memastikan lolos sebagai peserta Piala Dunia 2022 di Qatar. Amerika Serikat dan Meksiko menjadi yang terkini untuk menyusul.

    Mereka menjadi runner-up dan peringkat ketiga babak kualifikasi zona Amerika Utara dan Karibia (CONCACAF). Sementara tiga negara lain akan menggenapi kuota 32 kontestan di Qatar akhir tahun nanti.

    Sayangnya, kegagalan sejumlah tim yang cukup kuat secara tradisi di sepak bola ikut mengiringi. Sebut saja Timnas Italia yang secara tragis kembali tersingkir untuk kedua kalinya secara beruntun di ajang Piala Dunia.

    Mereka hanya akan menjadi penonton menyaksikan persaingan merebut Piala Dunia 2022. Diikuti negara tradisi lain seperti Swedia, Turki, Norwegia, hingga Mesir.

    Timnas Italia adalah juara dunia empat kali. Mereka juga baru saja memenangi Piala Eropa edisi 2020 di Inggris. Namun Italia tak perlu meratapi kegagalannya kali ini. Menengok jauh ke belakang, deretan negara-negara kuat lain juga pernah mengalami nasib yang sama seperti Gli Azzurri.

    Siapa saja negara kuat yang pernah gagal tampil di Piala Dunia sepanjang sejarahnya? Berikut ulasan menarik dari Bola.com:

     

     

    2 dari 10 halaman

    Belanda

    Italia bukan satu-satunya nama besar yang melewatkan perjalanan ke Piala Dunia Rusia tahun 2014. Karena Belanda juga gagal mencapai turnamen setelah serangkaian kampanye kualifikasi yang buruk dan berujung kegagalan.

    Selama babak kualifikasi saat itu, Belanda yang ditangani Dick Advocaat gaga bersaing dengan Prancis dan Swedia. Kemenangan atas Swedia di laga terakhir tidak cukup mengantarkan mereka ke Rusia.

    3 dari 10 halaman

    Uruguay

    Uruguay adalah juara Piala Dunia pada tahun 1930 dan 1950. Tapi mereka kemudian menjalani kiprah yang naik turun.

    Kegagalan kualifikasi terakhir mereka terjadi pada Piala Dunia 2006, kalah dalam play-off yang menegangkan melawan Australia. Kala itu Uruguay diperkuat Paolo Montero, Alvaro Recoba dan Diego Forlan. Namun Uruguay kalah dan gagal tampil ke Jerman.

    4 dari 10 halaman

    Portugal

    Timnas Portugal pernah mencapai masa kejayaan di bawah pemain legendaris Eusebio. Portugal melaju hingga babak semi final pada Piala Dunia 1966 di Inggris.

    Tim yang dipimpin Eusebio mencapai semi-final pada tahun 1966. Kegagalan paling menyakitkan Portugal adalah absen di Piala Dunia 1998 di Prancis, padahal ada nama Luis Figo dan Manuel Rui Costa.

    5 dari 10 halaman

    Inggris

    Timnas Inggris adalah juara Piala Dunia 1966 di rumah sendiri. Prestasi terbaik lainnya adalah menjadi juara keempat di Piala Dunia 1990 di Italia.

    Inggris dikenal memiliki kompetisi terbaik dunia. Klub-klub asal Inggris juga merajai Eropa, namun Inggris juga pernah gagal tampil di Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat.

    6 dari 10 halaman

    Prancis

    Sama seperti Inggris, Timnas Prancis juga pernah gagal tampil di Piala Dunia edisi 1994 di Amerika Serikat. Padahal mereka punya pemain seperti Jean-Pierre Papin, Eric Cantona, Marcel Desailly, Didier Deschamps, Laurent Blanc dan David Ginola.

    Namun Prancis bangkit sebagai kekuatan menakutkan di sepak bola dunia dengan menjuarai di rumah sendiri pada 1998 di susul 20 tahun kemudian di Rusia.

    7 dari 10 halaman

    Meksiko

    Meksiko adalah salah satu tim kuda hitam di setiap gelaran Piala Dunia. Mereka kerap berhasil melaju hingga ke babak 16 besar.

    Akan tetapi Meksiko juga pernah gagal tampil di Piala Dunia edisi 1990 di Italia kare didiskualifikasi. Meksiko kedapatan memainkan pemain di luar batas usia pada babak kualifikasi unutk kejuaraan Piala Dunia junior 1989.

    8 dari 10 halaman

    Spanyol

    Tim Matador Spanyol berjaya saat memasuki tahun 2010 dan menjuarai Piala Dunia Afrika Selatan. Kemudian mereka digdaya dengan menjuarai Piala Eropa dua tahun kemudian.

    La Furia Roja pernah gagal tampil di Piala Dunia edisi 1974. Atau ketika Jerman dipecah menjadi Timur dan Barat dan Skotlandia adalah satu-satunya peserta Inggris. Spanyol disingkirkan Yugoslavia pada play-off kualifikasi.

    9 dari 10 halaman

    Argentina

    Argentina menjadi satu di antara kekuatan hebat sepak bola dari Amerika Latin. Mereka sudah mengoleksi dua gelar juara.

    Namun Argentina juga pernah absen di perhelatan akbar sepak bola antar negara dunia itu pada edisi 1970 di Meksiko. Argentina disingkirkan Peru di babak play-off kualifikasi.

    10 dari 10 halaman

    Jerman

     

    Bersama dengan Brasil, Jerman adalah satu-satunya negara yang tidak pernah gagal lolos ke Piala Dunia. Namun Jerman ternyata pernah melewatkan turnamen sebanyak dua kali.

    Raksasa Piala Dunia absen pada tahun 1930. Kemudian Jerman juga absen untuk edisi 1950 karena dalam suasan perang dunia kedua.

    Sumber: Planet Football

    Video Populer

    Foto Populer