Sukses


7 Lagu Piala Dunia Paling Fenomenal Sepanjang Masa, Shakira hingga Ricky Martin Bikin Heboh

Bola.com, Jakarta - Ada hubungan istimewa antara musik dan sepak bola terutama di ajang Piala Dunia. Di hampir setiap perhelatan Piala Dunia tentunya memiliki lagu ofisial resminya.

Lagu ofisial resmi mulai hadir di Piala Dunia sejak 1962 yang berlangsung di Chile. Saat itu, band Rock asal Chile Los Ramblers menciptakan theme song El Rock Del Mundial untuk Piala Dunia di negaranya.

Semenjak saat itu, ajang Piala Dunia yang berlangsung empat tahun sekali selalu memiliki lagu resmi. Tujuannya untuk semakin menyemarakkan turnamen serta membangkitkan semangat bagi para pemain hingga suporter.

Tujuan lain dari lagu resmi Piala Dunia adalah untuk mengangkat nama musisi negara tuan rumah. Meskipun tidak jarang penyanyi atau komposer lagu tidak berasal dari negara tuan rumah Piala Dunia.

Dari sejumlah lagu resmi yang muncul sepanjang masa, berikut 7 lagu Piala Dunia terbaik dan paling fenomenal. Lagu-lagu ini bahkan masih banyak yang mendengarkan meski rilis sejak beberapa tahun yang lalu.

 

2 dari 8 halaman

7. El Mundial - Ennio Morricone (1978)

Lagu resmi Piala Dunia Argentina 1978 pernah menghadapi beberapa rintangan sulit, antara lain kurangnya Lirik.

Masyarakat Argentina juga sempat bereaksi karena Ennio Morricone tidak berasal dari negara itu, melainkan dari Italia. Meski demikian, lagu ini menjadi yang terbaik karena sentuhan komposer-komposer ternama di dunia yang menciptakannya seperti The Good, The Bad And The Ugly, serta The Untouchables And Cinema Paradiso.

 

3 dari 8 halaman

6. Un'estate Italiana - Giorgio Moroder (1990)

Seorang komposer film ikonik, Giorgio Moroder, berani melangkah keluar dari zona nyamanya demi menciptakan lagu bergenre rock untuk Piala Dunia 1990 di Italia. Haslinya, gabungan paduan suara yang menarik, gitar yang terdistorsi, dan lirik yang membakar semangat membuat lagu ofisial Piala Dunia 1990 jadi yang terbaik.

Lagu ini juga memiliki versi bahasa Inggris ditulis oleh Tom Whitlock. Nama Tom Whitlock pernah berkolaborasi dengan Moroder empat tahun sebelumnya untuk merilis lagu "Take My Breath Away" untuk film Top Gun.

 

4 dari 8 halaman

5. We Are One - Pitbull feat. J Lo dan Claudia Leitte (2014)

Pada Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Brasil, penyanyi terkenal asal Benua Amerika yakni Pitbull yang merilis lagu ofisial resminya. Pitbull, yang bukan orang Brasil menggandeng Jennifer Lopez (juga bukan orang Brasil) dan penyanyi asal Brasil Claudia Leitte untuk lagu "We Are One".

Lagu dengan lirik yang relatif sederhana dan terkadang berulang ini, We Are One sebenarnya ditulis oleh musisi ternama dunia. Sebut saja penulis lirik dari Australia yakni Sia, RedOne, Danny Mercer, Dr Luke, Cirkut dan Thomas Troelsen.

Meski demikian, lagu ini sangat menyenangkan untuk dinyanyikan. Selain itu, liriknya juga sudah sesuai dengan tema persatuan dunia.

 

5 dari 8 halaman

4. Boom - Anastacia (2002)

Piala Dunia 2002 pertama kali berlangsung di Asia tepatnya di Korea Selatan dan Jepang. Sayangnya, musisi dari dua negara itu bukan yang menciptakan maupun menyanyikan lagu resmi Piala Dunia edisi ini.

Musisi asal Amerika, Anastacia yang menyanyikan lagu Piala Dunia 2022. Pada lagu berjudul Boom ini juga tidak ada unsur budaya Jepang maupun Korea Selatan di dalamnya.

Meski demikian sesuai judulnya, lagu ini sukses meledak di dunia. Berbekal musik electro pop yang sedang hits pada awal tahun 2000-an, lagu ini menuai kepopuleran di dunia.

 

6 dari 8 halaman

3. Wavin Flag - K'naan (2010)

Penyanyi rapper berdarah Somalia-Kanada, K'naan menyanyikan lagu Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan berjudul "Wavin Flag". Secara teknis, lagu ini sebenarnya bukanlah lagu resmi Piala Dunia tetapi lagu promosi Coca Cola yang menjadi sponsor utama ajang ini.

Namun, musik serta liriknya yang bagus, maka "Wavin Flag" layak masuk dalam daftar lagu terbaik Piala Dunia. Lagu Wavin Flag mampu membawa kegembiraan bagi para pecinta sepak bola di seluruh dunia dan bahkan masih sering terdengar hingga kini.

 

7 dari 8 halaman

2. Waka Waka (This Time for Africa) - Shakira (2010)

Lagu resmi Piala Dunia 2010 bukanlah "Wavin Flag" melainkan "Waka Waka" yang vokalisnya bernama Shakira. Meski tidak memiliki darah Afrika, Shakira mampu membuat lagu Waka Waka terdengar hingga ke berbagai penjuru dunia.

"Waka Waka" (This Time For Africa) bahkkan menjadi lagu resmi Piala Dunia yang paling banyak diputar hingga kini. Nama Shakira mulai muncul saat mendapat kepercayaan untuk turut menyemarakan upacara pembukaan dan penutupan pada Piala Dunia 2006 di Jerman dengan lagu andalannya Hips Don't Lie.

 

8 dari 8 halaman

1. La Copa de la Vida (The Cup of Life) - Ricky Martin (1998)

Lagu resmi Piala Dunia yang terbaik tersemat untuk La Copa de la Vida (The Cup of Life) pada 1998 di Prancis. Penyanyi asal San Juan Puerto Rico, Ricky Martin yang menyanyikan lagu ini.

Ricky Martin sukses membawakan ritme samba musik latin ke dalam budaya pop Eropa saat itu. Liriknya juga menghibur sehingga lagu ini kerap diputar di dalam acara apapun selain sepak bola, misalnya pesta pernikahan. (Suharno)

Sumber: berbagai sumber

 

Video Populer

Foto Populer