Sukses


Penalti Legendaris di Piala Dunia, Ketika Panenka Keren ala Zinedine Zidane Memukau Berjuta Pasang Mata

Bola.com, Jakarta - Piala Dunia kerap menyajikan drama. Salah satu drama dalam sepak bola adalah adu penalti, yang bisa menghadirkan tawa dan air mata.  

Ada satu tendangan penalti terbaik di Piala Dunia yang berkelas dan menyita perhatian publik. Apalagi tendangan 11 meter ini terjadi di laga final Piala Dunia.

Kapten Prancis, Zinedine Zidane, yang mengeksekusi tendangan penalti pada final Piala Dunia 2006. Italia yang merasakan ganasnya penalti Zidane.

Prancis mendapatkan tendangan penalti setelah wasit Horacio Elizondo menganggap Marco Materazzi melanggar Florent Malouda. Hampir tidak ada sentuhan antara keduanya, sayang saat itu tidak ada VAR.

 

2 dari 5 halaman

Penalti Berkelas

Zidane yang memimpin Les Blues mengalahkan Spanyol, Brasil dan Portugal hingga sampai final. Pemain Real Madrid ini begitu santai saat maju menjadi algojo menit ketujuh.

Padahal saat itu yang dihadapinya adalah penjaga gawang terbaik dunia, Gianluigi Buffon. Zidane sangat tenang bahkan melepaskan tendangan panenka yang melambung lewat di atas Buffon.

Bola sempat membentur mistar gawang lalu memantul ke bawah melewati garis gawang dan keluar lagi. Sempat ada keraguan dari wajah Zidane saat itu hingga akhirnya Elizondo memutuskan bola itu telah masuk.

 

3 dari 5 halaman

Jadi Orang Terkeren di Stadion

Setelah wasit mengesahkan golnya, Zidane terlihat jadi yang terkeren di dunia. Dia juga membuat Prancis unggul dan jika mempertahankannya hingga akhir maka Zidane bisa pensiun dari ajang internasional dengan gagah.

Pemain yang pernah berkarier di Liga Italia itu telah berkiprah selama 17 tahun di dunia sepak bola profesional. Seluruh gelar telah dia koleksi mulai dari level klub hingga tim nasional.

Dia pernah memenangi Liga Italia Serie A, Coppa Italia, La Liga Spanyol, Copa Del Ray hingga Liga Champions untuk level klub. Lalu memenangkan Piala Dunia 1998 hingga Piala Eropa atau Euro 2000.

 

4 dari 5 halaman

Gagal Menang

Sayangnya gol penalti Zizou bukanlah satu-satunya gol di laga ini. Selang 11 menit setelah golnya, Materazzi berhasil menyeimbangkan keadaan.

Dia mampu menyundul bola usai menerima tendangan sudut Andrea Pirlo. Penjaga gawang Prancis Fabien Barthez tidak sempat menyelamatkan bola yang mengarah ke gawangnya.

Zidane bersama Prancis harus melanjutkan laga hingga babak perpanjangan waktu. Mereka bermain imbang 1-1 hingga 90 menit.

 

5 dari 5 halaman

Petaka bagi Zizou

Zidane yang pada awal laga menjadi orang terkeren di stadion harus jadi pecundang pada babak perpanjangan waktu. Dia mendapat kartu merah setelah menyundul dada Materrazi di pengujung laga.

Momen ini juga jadi sejarah yang tidak terlupakan dalam Piala Dunia. Meski demikian, Prancis dengan 10 pemain masih mampu menahan Italia hingga berlanjut ke babak adu penalti.

Di babak ini, Italia menang 5-3 dan meraih gelar Piala Dunianya yang keempat. Meski gagal meraih trofi hingga akhirnya mendapat kartu merah, penalti Zidane di laga ini tetap jadi yang terbaik di Piala Dunia.

Sumber: Give Me Sport 

Video Populer

Foto Populer