Sukses


    Daftar Negara Terbaik yang Gagal Lolos ke Piala Dunia 2022 : Semoga tak Ada yang Baper Ya

    Bola.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 yang akang berlangsung di Qatar menjadi ajang pertempuran bagi 32 negara yang terbagai dalam delapan grup. Turnamen akbar empat tahunan besutan FIFA ini akan dimulai pada 21 November 2022 mendatang.

    Sayangnya, banyak tim-tim unggulan gagal melangkan ke putaran final. Timnas Italia merupakan satu di antara nama beken yang absen. Padahal, Gli Azzurri punya sederet kemampuan dan prestasi di pentas Piala Dunia, terutama berbekal koleksi empat gelar.

     

    2 dari 7 halaman

    Nama Tim

    Tak hanya Italia, sejumlah tim unggulan di belahan dunia lainnya juga harus jadi penonton lantaran gagal bersaing di babak kualifikasi. Berikut daftar lengkap tim-tim unggulan yang tak ambil bagian di Piala Dunia 2022.

    Zona Eropa/UEFA : Timnas Italia, Swedia, Rusia

    Zona Amerika Selatan/CONMEBOL : Kolombia, Peru, Chile

    Zona Afrika/CAF : Nigeria, Mesir, Aljazair, Pantai Gading

    Zona Amerika Utara/Concacaf : Honduras

     

    3 dari 7 halaman

    Latar Tak Lolos

    Berikut ini uraian singkat bagaimana mereka gagal lolos :

    Timnas Italia

    Juara bertahan Eropa ini melewatkan Piala Dunia kedua berturut-turut untuk kali pertama dalam sejarah. Setelah kalah dari Swiss di fase grup, Italia harus bermain di babak playoff kualifikasi Piala Dunia. Sayang, raksasa Eropa itu kalah dari Makedonia Utara.

    Swedia

    Swedia berhasil mencapai perempat final Piala Dunia 2018 tetapi hanya akan jadi penonton di edisi 2022. Swedia berada di belakang Spanyol di grup kualifikasi dan melakoni laga playoff UEFA melawan Polandia dan mereka kalah.

     

    4 dari 7 halaman

    Rusia dan Kolombia

    Rusia

    Tuan rumah Piala Dunia 2018 dilarang mengikuti Piala Dunia 2022 oleh FIFA setelah invasi Rusia ke Ukraina. Rusia dijadwalkan bermain melawan Polandia di playoff UEFA, tetapi larangan itu diberikan sebelum mereka memainkan pertandingan.

    Kolombia

    Setelah mencapai babak sistem gugur dari dua Piala Dunia terakhir, Kolombia tidak akan melakukan perjalanan ke Qatar. Di Amerika Selatan, empat tim teratas lolos dengan tim tempat kelima via babak playoff antar-konfederasi. Kolombia finis di tempat keenam.

     

    5 dari 7 halaman

    Amerika Selatan

    Chile

    Chile kembali melewatkan Piala Dunia. Mereka tak bisa menang empat kali dari lima laga di babak kualifikasi. Empat kekalahan terjadi saat mereka bentrok kontra Brasil, Argentina, Ekuador dan Uruguay.

    Peru

    Ambisi Piala Dunia Peru berakhir di Qatar. Sebelumnya, Peru finis di posisi kelima di kawasan Amerika Selatan dan maju ke babak ke playoff antar-konfederasi melawan Australia di Qatar. Sayang, mereka kalah dalam drama adu penalti yang memilukan.

     

    6 dari 7 halaman

    Salah Gagal

    Nigeria

    Nigeria hanya sekali absen di Piala Dunia sejak 1994, sebelum gagal lolos ke edisi 2022. Saingan mereka di Afrika Barat, Ghana, merebut tiket Piala Dunia dari Nigeria dengan kemenangan gol tandang.

    Aljazair

    Aljazair akan melewatkan Piala Dunia kedua berturut-turut. Juara AFCON 2019 gagal dengan cara yang memilukan ketika Kamerun mencetak gol di menit-menit terakhir untuk mengalahkan Aljazair dengan gol tandang.

    Mesir

    Satu di antara pemain terbaik dunia, Mohamed Salah, tidak akan tampil di Piala Dunia 2022. Latarnya tak lain kekalahan Mesir dari Senegal via adu penalti di pertandingan Piala Dunia. Bahkan, Salah gagal mengeksekusi penalti.

     

    7 dari 7 halaman

    Pantai Gading

    Pantai Gading

    Terlepas dari semua kekuatan bintangnya, Pantai Gading tidak berhasil mencapai tahap akhir. Pantai Gading tak sanggup bersaing dengan Kamerun di grup kualifikasi Piala Dunia.

    Honduras

    Los Catrachos lolos ke Piala Dunia 2010 dan 2014. Namun, di edisi 2018, mereka juga gagal.

    Mereka pun mencoba bangkit dan berjuang keras demi mengamankan satu tempat di putaran final Piala Dunia 2022. Sial, nasi baik masih belum berpihak. Mereka terkapar di dasar klasemen kualifikasi Concacaf tanpa sebiji kemenangan pun.

    Sumber: the18

    Video Populer

    Foto Populer